3 Hal Penting Untuk Ketepatan Pemasangan Water Heater Solar Terbaik

0
40
views
sumber: google.co.id

Pemasangan yang ideal bertujuan supaya manfaat yang didapat dapat lebih optimal. Terdapat 3 hal yang perlu dipandang bagi yang memasang solar water heater adalah letaknya yang bebas dari bayang-bayang gedung atau bayang pohon, arah solar panel serta kemiringan solar panel yang dipasang.
Hal penting yang perlu dipandang dalam memasang water heater solar terbaik

  1. Penentuan arah solar panel
    Arah hadap untuk dipasangnya water heater solar terbaik tergantung letak geografis daerah instalasi. Kalau spot eksistensi ada di bawah garis khatulistiwa atau di beberapa bumi sebelah Selatan contohnya di Surabaya, Denpasar atau Jakarta karenanya arah sang surya akan berasal dari sisi utara. Sehingga solar panel yang akan dipasangkan menghadap ke arah utara. Melainkan bila untuk lokasi Medan maupun Aceh karenanya solar panel hendaknya dipasang menghadap ke arah Selatan supaya lebih banyak mendapatkan cahaya mentari.
    Bagi masyarakat Surabaya bila atap rumahnya tak menghadap ke arah utara, karenanya sebaiknya solar dipasang menghadap ke barat laut atau tenggara. Kalau masih tak mempunyai atap rumah yang menghadap ke Tenggara karenanya dapat dipilih arah Timur. Yang perlu dipandang diantaranya komponen sisi yang mana yang bebas bayang-bayang. Karena bila terkena bayang-bayang, karenanya solar panel hal yang demikian cuma cakap menjadikan 10 sampai 20% dari kapasitas maksimumnya. Sehingga tujuan permulaan menghemat tarif dari pemakaian pemanas air energi surya tak terpenuhi.
    Berikutnya perlu dipandang komponen sisi mana dari atap rumah hal yang demikian yang dapat menerima lebih lama cahaya mentari. Terakhir dipandang jumlah pemakaian air panas serta biaya listrik yang mana yang lebih besar diaplikasikan antara pagi dan petang hari.
  2. Penentuan arah utara untuk mencari cahaya mentari
    Sistem penentuan ini dapat diaplikasikan alat penunjuk arah, arah utara dapat ditetapkan dari magnet atau Magnetic North. Magnet ini berbeda dengan solar north. Sebab untuk water heater energi surya yang dicari yaitu posisi terbaik untuk menerima cahaya mentari, bukan mencari lokasi tujuan.
    Berikut sistem yang dapat dicontoh untuk mencari solar north. Pertama, ditetapkan dahulu kapan waktu tengah hari di spot lokasi mengaplikasikan sunCalc. Berikutnya dimasukkan lokasi eksistensi serta dipandang waktu solar noon. Contohnya untuk Surabaya, waktu tengah harinya sekitar jam 11.43 siang.
    Kedua, ditancapkan kayu di atas tanah di lokasi tadi dan jangan lupa dipandang arah bayang-bayangnya. Kalau arah bayang-bayang menampilkan atau menghadap ke arah Selatan, karenanya arah yang berlawanan adalah Utara. Sehingga solar panel hal yang demikian dihadapkan ke arah utara untuk sepanjang hari cahaya mentari dapat didapat dengan maksimal. Terakhir dipilih lokasi yang bebas dari bayang-bayang gedung maupun pohon.
  3. Penentuan sudut kemiringan dari solar panel
    Untuk mengoptimalkan tenaga listrik yang dibuat oleh pemanas air sang surya karenanya diusahakan supaya cahaya sang surya jatuh tegak lurus ke komponen permukaan dari solar panel. Sebagai teladan kota-kota di Indonesia sekitar garis khatulistiwa, karenanya panel energi surya akan kian efisien seandainya dipasang dengan sudut 20-30 derajat dari tanah.
    Sekian tulisan perihal 3 hal penting yang dipandang bila berkeinginan pasang water heater solar terbaik.

Sumber: intisolar.com