4 Macam Komponen Penting Dalam AC Ducting

0
65
views
sumber: google.co.id

AC yang sedang booming dikala ini adalah jenis AC Ducting. Ducting sendiri adalah jenis AC yang banyak digunakan untuk area perkantoran. Hal ini dikarenakan AC ini mampu memberikan suasana udara yang sejuk dan lebih merata dalam ruangan. Sangat cocok untuk ruangan yang luas dengan kesejukan dari sudut ke sudut yang lebih baik.
Ini dia komponen penting yang ada dalam AC Ducting

  1. Grille
    Bagian pertama yang ada dalam AC jenis ini adalah Grille. Fungsinya adalah untuk memegang atau mengondisikan udara dari AC. Fungsi lainnya juga dapat menjadi lubang tempat masuk dan keluarnya air menuju ductingnya. Grille ini harus selalu dalam keadaan yang baik untuk menerima performa AC yang baik.
  2. Diffuser
    Bagian kedua dari AC Ducting termurah adalah diffuser. Diffuser sendiri adalah komponen penting untuk memberikan opsi jalan sebagai pengendalian udara, ventilasi dan pemanasan. Lazimnya diffuser ini terdiri dari komponen air saja ataupun yang berupa campuran air serta udara.
  3. Ducting
    Bagian selanjutnya ini sedikit lebih rumit dibandingkan komponen lainnya sebab bagiannya juga banyak. Fungsi utama dari komponen ini adalah sebagai penyalur keadaan udara dari ruangan menuju ruangan lainnya dengan mudah. Nantinya udara yang ada akan mengalami sistem pemrosesan kembali cocok wujud yang diinginkan.
    Ciri dari komponen ini dapat dipandang dari wujudnya. Secara awam wujudnya juga akan berbeda-beda cocok dengan fungsi dan keperluannya. Ada yang berbentuk oval, segi empat dan juga lingkaran. Tapi yang banyak digunakan dengan fungsi yang lebih rumit adalah dengan wujud segi empat.
    Kemudian untuk konstruksi yang terdapat di dalamnya juga dibedakan lagi menjadi dua jenis. Tipenya adalah dapat yang kaku atau yang lentur. Sementara untuk bahan pembuatannya juga beragam seperti bahan plastik, PVC dan fiberglass. Masing-masing bahan juga memiliki sebagian kelebihannya masing-masing.
    Dalam penerapan ducting ini harus disertai saluran yang baik untuk menerima sebagian keunggulan sebagai berikut:
    • Meminimalisir terjadinya kebocoran dalam udara.
    • Meminimalisir adanya goncangan atau getaran yang terjadi.
    • Mengurangi terjadinuya deformasi udara dalam pengendaliannya.
    Kecuali itu dalam pemasangannya juga harus dilengkapi dengan komponen lain untuk menambah energi di dalamnya. Adapun komponen yang harus masuk adalah kain tekstil, tabung fleksibel, papan saluran pipa kaca, polyurethane dan baja berlapis seng.
  4. AHU
    Bagian terakhir yang penting dalam AC Ducting terbaru adalah AHU. Fungsinya sebagai pelancar sirkulasi udara yang terjadi dalam AC-nya. Dengan begitu udara dalam ruangan dapat selalu sejuk dan lebih merata. Pelaksanaan yang terjadi di dalamnya mencakup pendinginan, pemanasan dan pengondisian.
    Untuk yang memiliki jenis ruangan atau rumah luas dapat menerapkan AC Ducting. AC ini adalah jawaban dari udara yang lebih merata dan dapat cocok dengan kebutuhan temperatur di dalamnya.

Sumber: acwahana.com