4 Tips Memakai AC Inverter yang Benar Agar Lebih Awet

0
53
views
sumber: google.co.id

AC inverter yaitu AC yang mengaplikasikan tegangan listrik searah. Banyak orang memilih AC tipe ini sebab lebih hemat listrik dari AC pada biasanya serta cakap mengendalikan suhu dalam ruangan. Tapi jika salah metode menerapkannya, karenanya dapat menyebabkan AC ini cepat rusak. Berikut sebagian tips mengaplikasikan AC inverter yang benar agar lebih awet.
Baca apa saja tips mengaplikasikan AC inverter yang benar ini

  1. Cukupnya PK AC dalam ruangan
    PK AC yang tidak layak dengan besar ruangan akan menyebabkan performa AC menjadi terganggu dan tidak prima. Pastikan Anda mengenal ukuran ruangan yang ditempati dan juga besarnya PK AC yang harus dipakai. Sebagai contoh jika ruangan memiliki luas 4×5 meter karenanya harus pakai 1.5 PK, jika ruangannya 4×6 karenanya 2 PK dan jika ruangnya 4×4 ke bawah karenanya 1 PK semacam itu seterusnya. Rupanya ini dikarenakan sumber listrik yang harus dibagi dengan barang elektronik lainnya di dalam rumah agar tidak konslet. Kekonsletan pada AC mewajibkan Anda melakukan service bahkan membeli sebagian mesin baru di kios AC.
  2. Jangan menghidupkan dan menyalakan AC dengan cepat
    Pernah bermain-main dengan AC? Atau sekedar menghidupkan dan mematikannya secepat mungkin sesuka hati Anda? Rupanya budaya tersebut dapat membuat AC cepat rusak. Biarkan oli kompresor dan Freon kembali ke kompresor dulu atau istirahatkan AC kurang lebih 1 menit sebelum dinyalakan kembali. Rupanya ini dapat membantu dalam performa kompresor dan memperpanjang masa umurnya. Dari pada Anda harus membeli kompresor baru di distributor AC padahal dengan harga yang lebih murah.
  3. Pastikan ruangan tertutup saat menyalakan AC
    Rupanya hal remeh dengan membolehkan pintu, ventilasi dan jendela terbuka saat mengaplikasikan AC dapat membuat performa AC menjadi terganggu. Udara yang keluar dari ventilasi akan membuat AC berprofesi ulang dalam menurunkan suhu, walhasil AC menjadi cepat panas. Para kontraktor AC biasanya mengaplikasikan AC di dalam ruangan yang memang sedikit ventilasi untuk menghemat usia AC. Ruangan yang sedikit ventilasi akan membuat AC leluasa dan gampang dalam menaikkan atau menurunkan suhu udara.
  4. Matikan saat tidak dipakai
    Rupanya yang simpel seperti mematikan AC saat tidak dipakai dapat memperpanjang usia AC tersebut. AC akan beristirahat dan saat dihidupkan kembali akan menjadi dingin dan prima kembali. itu Anda dapat menghemat listrik dan menghindari adanya konslet di dalam rumah. AC hidup dalam waktu seharian atau tidak pernah dimatikan sama sekali akan mengakibatkan AC cepat rusak dan memerlukan perawatan khusus untuk memperbaikinya.
    Itulah sebagian tips mengaplikasikan AC inverter yang benar agar tidak cepat rusak alias lebih awet. Dengan semacam itu Anda juga jadi lebih hemat biaya service.

Sumber: acwahana.com