AC Anda Kurang Dingin? Bisa Jadi Karena Hal-hal Berikut Ini

0
73
views
sumber: google.co.id

Ada banyak sekali penyebab AC kurang dingin yang mesti Anda kenal. Sebagai pemilik AC, tentunya melaksanakan perawatan secara rutin terbukti tidak cukup. Supaya mesin tak mengalami gangguan, Anda juga mesti melaksanakan servis minimal tiga bulan sekali supaya performa AC normal. Salah satu keadaan sulit yang acap kali dikeluhkan yaitu AC kurang dingin, segera apa penyebabnya?
7 Penyebab AC kurang dingin dan sistem memecahkannya

  1. Komponen Saringan Kumal
    Kalau Anda merasa AC di rumah kurang dingin, sebaiknya periksa komponen saringan AC. Lazimnya AC kurang dingin disebabkan sebab komponen saringan dipenuhi dengan debu dan kotoran. Itulah sebabnya AC tak optimal dalam mengeluarkan udara dingin.
    Supaya AC dingin kembali, Anda mesti membersihkan komponen saringan minimal seminggu sekali. Pada dikala membersihkan, Anda mesti mencuci saringan AC dengan sabun detergen supaya optimal.
  2. Freon Bocor atau Berkurang
    Penyebab AC kurang dingin sesudah dicuci Anda perlu waspada karena dapat jadi komponen gas freon AC bocor atau berkurang. Freon yang bocor tentunya akan benar-benar membahayakan bagi kesehatan. Jadi itulah sebabnya benar-benar penting untuk melaksanakan pemeriksaan lebih lanjut.
    Tidak cuma bocor, AC kurang dingin dapat juga disebabkan sebab freon berkurang. Kalau Anda mengalami hal ini, sebaiknya ganti saja freon dengan yang baru.
  3. Kondensor AC Kumal
    Kondensor AC ada di komponen luar AC. Fungsi kondensor sendiri yaitu untuk memanaskan gas freon di temperatur tertentu. Kalau kondensor dekil, otomatis AC akan mengeluarkan udara yang kurang dingin.
    Kalau kondensor dekil, Anda mesti membersihkannya secara rutin supaya daya kerjanya kembali normal. Membersihkan kondensor dapat Anda lakukan dengan mengaplikasikan air dan sabun, lalu disiram secara pelan.
  4. Ampere Kompresor Melebihi Batas
    AC separuh pk tak dingin umumnya disebabkan sebab komponen kapasitor rusak. Melainkan sekiranya komponen kapasitor bagus-bagus saja, artinya komponen ampere kompresor yang melebihi batas. Untuk mengetahuinya Anda dapat melaksanakan pemeriksaan dengan tang ampere. Kalau angka ampere melebihi batas A, artinya kompresor AC Anda lemah.
    Solusi terbaik untuk keadaan sulit ini yaitu mengganti AC dengan yang baru. Karena kompresor melebihi batas dapat jadi sebab AC telah melalui usia penerapannya.
  5. Bagian PCB Rusak
    Printed Circuit Board (PCB) ialah variasi bagian AC yang sanggup memberikan arus listrik supaya kompresor bisa menyala. Itulah sebabnya sekiranya PCB rusak, otomatis AC tak sanggup mengeluarkan udara dingin.
    Kalau PCB AC rusak, sebaiknya Anda melaksanakan service PCB. Atau dapat juga mengganti bagian PCB yang rusak dengan yang baru. Dengan seperti itu temperatur AC akan normal kembali.
  6. Pembatasan Remote AC Kurang Pas
    Penyebab AC kurang dingin dan sistem memecahkannya yaitu coba periksa remote AC Anda. Pastikan remote AC berada di mode yang ideal supaya AC sanggup mengeluarkan udara dingin.
    Jangan mengaplikasikan mode dry sebab AC cuma akan menyalakan kipasnya saja. Itulah sebabnya unit outdoor tak memperoleh kiriman arus listrik dan AC tak sanggup mengeluarkan udara dingin.
  7. Kapasitas dan Luas Ruangan Tak Pantas
    Luas ruangan juga dapat menjadi penyebab AC tak dingin. Itulah sebabnya sekiranya Anda berkeinginan membeli AC, ukur terutamanya dulu ruangan yang akan ditempati. Kalau ruangan besar, pilihlah AC dengan kapasitas yang besar. Demikian malah sebaliknya.
    Demikianlah tadi 7 penyebab AC kurang dingin dan sistem memecahkannya. Jangan lupa, supaya usia penggunaan AC dapat bertahan lama, Anda mesti melaksanakan perawatan secara rutin. Serta melaksanakan servis komponen bagian dalam minimal tiga bulan sekali.

Sumber: acwahana.com