Apa Perbedaan Pemanas Air Tenaga Matahari dan Panel Surya?

0
28
views
sumber: google.co.id

Sebelum Anda membeli pemanas air tenaga sang surya maka penting untuk mengenal perbedaannya dengan panel surya. Penggunaan ini tentu saja penting agar dikala Anda hendak membelinya tak salah. Kecuali itu kedua hal tersebut juga memiliki sebagian hal yang berbeda.
Perbedaan pemanas air tenaga sang surya dan panel surya
Kedua hal tersebut yaitu teknologi yang sama-sama mengaplikasikan panas sang surya sebagai sumber kekuatannya. Cuma saja yang menjadi perbedaan yaitu solar water thermal yaitu pemanas air yang mengaplikasikan panas sang surya yang kemudian akan merubah air menjadi panas. Walaupun untuk panel surya akan mengonversikan panas sang surya tersebut menjadi tenaga listrik.
Jadi telah pasti hasil dari kedua alat tersebut berbeda. Satunya yaitu air panas dan satunya lagi tenaga listrik. Dalam pemakaian pemanas air tenaga surya tersebut memiliki dua bagian yang akan membantu pelaksanaan pengubahan air panasnya.

  1. Tangki penyimpanan: alat tersebut yaitu tempat untuk menyimpan air panas yang telah dipanaskan. Air yang telah dipanaskan dari kolektor penyerap selanjutnya akan disimpan pada tangki penyimpanan. Tangki tersebut memiliki teknologi untuk dapat mempertahankan temperatur panas. Penggunaan ini akan memungkinkan air panas tak pesat dingin dan dapat Anda gunakan kapan saja.
  2. Kolektor penyerap panas: Kolektor ini yaitu alat yang digunakan untuk mengabsorpsi tenaga panas sang surya. Jadi kolektor inilah yang memiliki peran cukup penting untuk merubah air dingin menjadi panas. Ada dua jenis kolektor yang digunakan yaitu kolektor tabung vacuum dan kolektor flat.
    Melainkan panel surya dan solar water thermal sama-sama membantu untuk menghemat tenaga. Penggunaan ini karena jenis tenaga yang digunakan yaitu panas sang surya dimana termasuk tenaga yang terbarukan.
    Penggunaan masing-masing tetap memiliki kelebihannya sendiri-sendiri. Pemanas air tenaga solar akan lebih memiliki sistem yang tak terlalu kompleks kalau dibandingi dengan panel surya.
    Penggunaan ini tentu saja akan menguntungkan kalau Anda termasuk orang yang baru saja mengaplikasikan pemanas air tenaga solar. Anda tak akan terlalu kesusahan dalam hal perawatan dan juga pemeliharaannya. Melainkan pemanas air ini juga akan lebih mempermudah Anda yang berharap mendapatkan air panas dengan lebih pesat melainkan tetap hemat tarif.
    Melainkan dari pemanas air tenaga surya ini akan betul-betul membantu Anda untuk menghemat tarif bulanan yang biasanya harus digunakan. Berbeda kalau mengaplikasikan gas dan memanaskan air secara konvensional. Anda dapat mendapatkan air panas dengan lebih hemat tanpa menambah tarif dan konsumsi gas yang berlebihan.
    Ada beraneka jenis kelebihan yang dapat Anda dapatkan kalau mengaplikasikan pemanas jenis ini. Anda malahan dapat mendapatkan air panas dengan lebih pesat kalau mengaplikasikan pemanas air tenaga sang surya. beratensi memasangnya Anda dapat minta bantuan kami jasa pasang water heater dari Intisolar!

Sumber: intisolar.com