Bagaimana Mengganti Pita Printer Dot Matrix Kasir

0
39
views
sumber: google.co.id

Sedangkan variasi terupdate seperti inkjet, laser, atau malahan 3D muncul di pasaran, tetapi printer Dot Matrix merk Brother masih diminati. Untuk itu ada baiknya mengetahui metode mengganti pita printer karena tekniknya berbeda dengan variasi lain yang selama ini dikenal. Berikut langkah-langkah yang mesti dijalankan.
Keunggulan Printer Dot Matrix dengan Pita

  1. Metode kerjanya menerapkan pita khusus sehingga tak perlu menambah tinta. Hal inilah salah satu penyebab printer variasi ini lebih ekonomis dibanding variasi ink. Dimana harga pita memang cenderung lebih murah dibanding tinta.
  2. Printer Dot Matrix lebih murah biaya perawatan karena betul-betul jarang eror meski digunakan dalam rentang waktu yang lama sekalipun.
  3. Mampu melaksanakan tugas cetak rangkap sehingga lebih hemat waktu. Kecuali itu printer ini malahan konsisten bagus meski melaksanakan pencetakan data dalam ukuran yang besar.
    Metode mengganti pita pada printer dot matrix
  4. Sebelum mulai siapkan kelengkapan yang diperlukan yakni: isolasi, silet atau cutter, dan pita baru yang akan digunakan mengganti.
  5. Bukalah segala pengait yang menutup kotak cartridge tempat pita sampai terbagi menjadi dua bagian.
  6. Berikutnya tekan gulungan cartridge yang terletak di sisi kiri bawah lalu lepaskan dengan hati-hati pita printer lama.
  7. Bersihkan bagian cartridge pita printer cetak stiker dari beraneka kotoran-kotoran yang tertinggal sampai bersih.
  8. Lakukan pemasangan kotak pita pada cartridge dengan mengamati posisi alur yang pas pada label tanda pita.
  9. Masukan pita pada rollernya yang sudah kosong. Jangan lupa untuk melepas pengait bawah. Hal ini agar roller ditekan kembali sehingga membikin posisinya aman tak bergeser.
  10. Sekiranya sudah terpasang dengan benar, beralihlah ke posisi kanan tempat tadi memasukkan kotak pita layak alur. Sobeklah karton yang mengangkat kedua sisi di bagian kanan hal yang demikian.
  11. Sekiranya kedua posisi sudah dipasang cartridge, karenanya tarik bagian kiri kardus dengan hati-hati keluar.
  12. Cara ini mesti dijalankan dengan teliti dan cermat agar karton tak sampai menarik pita yang kadang masih melekat pada kardusnya. Kehati-hatian betul-betul penting agar tak membikin isi cartridge acak-acakan.
  13. Sebelum menutup kotak cartridge pastikan isi pita konsisten tergulung rapi pasca penarikan karton tadi. Sekiranya ternyata pita meluber, karenanya rapikanlah secara khusus dulu.
  14. Untuk mengakhiri cara kerjanya, satukan kembali cartridge yang tadi terbelah dua dengan pengaitnya. Untuk antisipasi bila cartridge terbuka dikala printer berprofesi, pengguna bisa menempelkan lakban agar sambungan lebih mantap.
  15. Terakhir jangan lupa pasang plastik pengaman pita head printer. Maka langkah-langkah ini selesai.
    Kiat mengganti pita printer merk Brother dot matrix
  16. Lakukan secara perlahan-lahan, jangan terburu-buru karena hanya akan membikin gulungan pita acak-acakan.
  17. Kadang kala anjuran pita printer cetak stiker akan lengket apalagi bila sudah terlalu lama dalam kardus. Untuk mengeluarkannya dari dalam kardus, tekan atau pukul pita dari luar.
    Tutorial pita printer ini layak digunakan untuk pita variasi apa saja asalkan variasi printer Dot Matrix.

Sumber: brother.co.id