Cara Kerja dan Jenis Air Fryer Sebagai Peralatan Dapur

0
107
views
Cara Kerja dan Jenis Air Fryer Sebagai Peralatan Dapur

Air fryer ialah alat menggoreng makanan tanpa minyak sehingga makanan yang dimasak jauh lebih sehat karena bebas minyak. Metode kerja air fryer pada makanan ialah dengan mengedarkan udara panas yang bersumber dari kipas mekanik berkecepatan tinggi sehingga udara panas bisa memutari makanan. Temperatur panas tersebut lalu membikin kandungan air dalam makanan bisa menguap. Makanan akan matang dengan tekstur yang renyah.
Variasi air fryer yang tersedia di pasaran
Terdapat 3 jenis air fryer yang lazimnya tersedia di pasaran, ialah:
1. Basket air fryer
Yaitu model air fryer yang paling banyak dipakai dan bentuknya hampir mirip seperti teko. Permukaannya bundar dan terdapat banyak tombol penyetting di sekitaran alat masak tersebut. Metode kerja alat ini amat unik, karena lazimnya Anda seharusnya membuka alatnya dari samping seperti saat Anda membuka laci meja. Anda bisa menggunakan air fryer ini tidak cuma untuk menggoreng, tetapi juga memanggang kue atau menggoreng makanan yang tidak terlalu kering berkat bentuknya yang mirip loyang.
2. Paddle air fryer
Wujudnya lebih mirip seperti magicom ketimbang teko. Metode membuka tutupnya dari atas dan bukan samping. Aliran udara panas diwujudkan dari baling-baling yang berlokasi di komponen tengah dari paddle air fryer. Alat memasak ini lebih cocok dipakai untuk memasak makanan beku atau frozen food dengan tekstur permukaan yang renyah.
3. Oil-free turkey fryer
Teladan air fryer satu ini menawarkan kapasitas memasak yang paling besar diantara jenis-jenis air fryer lainnya. Wujudnya sendiri mirip seperti kaki berpanci. Untuk memudahkan mengatur alat ini, di komponen kanan dan kirinya terpasang gagang. Berbeda dengan desain air fryer lainnya, alat ini memiliki tutup air fryer yang terpisah dari bodi air fryer alias tidak menyatu. Alat ini amat cocok dipakai untuk memasak ayam utuh atau kalkun utuh dengan ukuran besar berkat kapasitasnya. Anda juga leluasa memasukkan makanan karena tutupnya yang terpisah.
Ada begitu banyak kelebihan yang bisa Anda temukan saat menggunakan alat memasak air fryer. Memang di Indonesia, kelengkapan dapur seperti ini masih jarang dipakai, tetapi jangan salah, di luar negeri alat ini populer penggunaannya. Alasannya:
– Menawarkan metode memasak yang jauh lebih sehat karena tanpa minyak goreng
– Hasil gorengan lebih renyah sekalian krispi
– Tak mengubah rasa makanan meski dimasak tanpa menggunakan minyak sama sekali
– Alat ini juga menawarkan manfaat multifungsi yang tidak cuma bisa dipakai sebagai alat menggoreng tanpa minyak saja. Tapi juga membakar sekalian memanggang makanan.
– Praktis dan aman. Anda bisa memasak makanan dan meninggalkannya untuk menjalankan kesibukan lain. Alat ini akan memasak sendiri. Selain itu, pengaplikasian tanpa minyak juga lebih aman karena Anda tidak terciprat.
metode kerja dan jenis air fryer sebagai kelengkapan dapur yang berkhasiat dan lebih sehat.