Daftar Kelebihan Alat Energi Matahari Pada Pemanas Air

0
164
views
sumber: google.co.id

Kelebihan alat daya sang surya pada pemanas air lebih banyak apabila dibandingkan dengan pemanas bertenaga listrik atau gas. Memang pada awalnya pemasangan pemanas air daya sang surya membutuhkan biaya yang lebih tinggi. Tapi apabila ditinjau lebih jauh, nilai efektif dan efisien dari penggunaan pemanas ini jauh lebih tinggi. Kalau ditinjau lebih jauh, bumi saat ini berada dalam situasi yang kurang baik. Kelangkaan bahan bakar semakin merajalela.
Kelebihan Alat Tenaga Surya Pada Pemanas Air
Sebagai masyarakat yang arif, tentu akan mempunyai pemanas air yang bertenaga surya dibanding pemanas air lainnya. Hal ini dikarenakan pemanas air daya surya menggunakan cahaya sang surya sebagai sumber daya utama. Berbeda dengan pemanas daya listrik dan gas yang menggunakan sumber daya tak terbarukan. Berikut ini ialah daftar kelebihan pemanas air bertenaga surya.
• Adalah daya yang bersih
Kelebihan pertama pemanas air bertenaga surya ialah ialah daya yang bersih. Artinya, pemanas air yang memanfaatkan cahaya sang surya dapat meminimalisir emisi gas rumah kaca. Berbeda dengan pemanas air daya listrik atau gas yang menciptakan asap atau polutan lain yang dapat berbahaya kesehatan dan juga kelestarian lingkungan sekitar. Terlebih pemanas air bertenaga surya dapat bertahan sampai 30 tahun. Dengan demikian itu, perhitungan akumulasi rongsok tak akan benar-benar parah layakya pemanas air daya listrik atau gas yang mempunyai masa gunakan jauh lebih pendek.
• Adalah daya tak berbayar
Pengaplikasian pemanas air untuk mencukupi keperluan air panas sehari-hari juga tak selamanya identic dengan biaya tinggi. Tapi halnya pemanas air daya listrik atau gas yang menelan biaya tinggi sebab tagihan. Tapi pemanas dengan daya surya tidaklah membutuhkan biaya sebab cahaya sang surya ialah sumber daya utama yang tersedia melimpah tanpa sepatutnya membayar. Dapat saja pemasangannya memang membutuhkan modal yang lebih tinggi, namun nilai keefektifannya jauh lebih besar.
• Adalah diakses dengan bebas
Masih banyak daerah terpencil yang minim jalan masuk listrik atau gas. Untuk itu, solar water heater menjadi opsi utama dalam pemenuhan air panas. Unit pemanas bertenaga sang surya dapat dipasang dimana saja meski tanpa suplai daya listrik asalkan lokasi hal yang demikian terkena paparan terik sang surya lantas.
• Adalah daya terbarukan
Pemanas air daya sang surya menggunakan cahaya sang surya sebagai sumber daya utama. Pengaplikasian sang surya ialah sumber daya alam yang dapat diperbarui. Dengan demikian itu, ketersediaannya akan senantiasa ada meski dipakai sepanjang waktu. berbeda dengan listrik atau gas yang ialah smber daya alam tak terbarukan. Pengaplikasian dalam rentang panjang akan memperngaruhi keseimbangan alam dan situasi sulit bagi para generasi penerus.
Malahan penjelasan di atas dapat diketahui bahwa kelebihan alat daya sang surya pada pemanas air jauh lebih banyak dibanding pemanas air daya listrik atau gas. apabila terpaksanya lokasi tak mendapat suplai sang surya yang melimpah, masih dapat menggunakan daya listrik atau gas.

 

Sumber: intisolar.com