Gejala Pemanas Air Tenaga Matahari Rusak dan Perlu Diperbaiki

0
117
views
sumber: google.co.id

Hal yang penting saat Anda memiliki pemanas air daya matahari yakni bagaimana cara Anda untuk tetap merawat pemanas air tersebut. Merawat pemanas air yakni hal yang penting untuk tetap menjaga kinerja dari pemanas air. Kalau mesin pemanas bisa selalu dirawat secara rutin maka pemanas Anda juga bisa bekerja dengan bagus dan bertahan lama.
Namun tak banyak orang yang tahu mengenai gejala bila pemanas air daya surya mengalami kerusakan. Oleh sebab itu, berikut ini yakni sebagian gejala yang terjadi saat pemanas air bertenaga matahari Anda mengalami kerusakan. Dengan begitu Anda bisa seketika melaksanakan pembenaran.
3 Gejala kerusakan pada pemanas air daya matahari

  1. Air yang berkarat
    Ketika Anda menyalakan kran air kamar mandi dan menemukan air yang berasal dari pemanas air daya surya berkarat, berarti pemanas air daya solar Anda sedang bermasalah. Kecuali itu hal tersebut juga bisa menyebabkan kebocoran. Namun bila pada pemanas air daya surya Anda menerapkan pipa galvanis, maka kemungkinan yang menyebabkan berkarat yakni pipa Anda.
    Untuk mengenal bagian mana yang menyebabkan air berkarat, Anda bisa melaksanakan percobaan. Caranya yakni dengan menguras water heater solar sebagian kali. Ambil sebagian ember air panas dari pemanas air daya surya. Kalau pada ember ke 3 atau 4 air masih berkarat maka penyebabnya ada pada water heater solar Anda dan bukan pipa galvanis.
  2. Water heater solar mengeluarkan bunyi bising
    Jangka penggunaan solar water heater yang semakin lama maka akan semakin menyebabkan pelaksanaan sedimen. Sedimen yakni pelaksanaan penumpukan pelbagai tipe kotoran yang terjadi pada bagian dasar tangki. Dikarenakan pelaksanaan pemanasan dari pemanas air daya surya secara terus menerus dan berulang-ulang, maka sedimen tersebut akan mengeras.
    Ketika hal tersebut telah terjadi, maka akan memunculkan bunyi yang gemuruh atau bising dari mesin pemanas air bertenaga matahari. Kalau telah seperti itu maka Anda perlu untuk melaksanakan pembenaran.
    Untuk lebih jelasnya, berikut yakni arti dari adanya penumpukan sedimen dalam water heater solar Anda:
    • Efisiensi dari cara kerja mesin yang berkurang sebab membutuhkan lebih banyak daya untuk memanaskan air.
    • Ketika kinerja mesin yang lebih keras dalam bekerja menyebabkan biaya untuk kebutuhan energinya juga semakin besar.
  3. Adanya rembesan air
    Kalau Anda menemukan rembesan atau titik-titik air di sekitar pemanas air daya surya Anda maka kemungkinan pemanas air Anda mengalami keretakan atau kebocoran dalam tangki. Ketika logam memanas, maka logam tersebut akan mengembang sehingga bisa menyebabkan keretakan dan air dari tangki malah juga akan keluar dari tangki.
    Oleh sebab itu pastikan Anda memeriksa pemanas air daya matahari tersebut secara terpola agar tak terjadi kerusakan yang fatal dan juga Anda tak perlu mengeluarkan biaya untuk mengganti komponennya yang rusak.

Sumber: intisolarsurabaya.com