Kelebihan Setiap Tipe Pemanas Air Tenaga Matahari Yang Ada Di Pasaran

0
188
views
sumber: google.co.id

Untuk dapat mengaplikasikan sebuah pemanas air tenaga sang surya, Anda perlu mengetahui variasi dan variasi dari pemanas air variasi ini. Pemanas air ini memang mempunyai dua variasi atau varian berdasarkan sistem kerjanya.
Fungsi dan kegunaan semua variasi tersebut konsisten sama adalah memanaskan air dengan mengaplikasikan sumber tenaga sang surya. Namun konsisten saja ada beberapa perbedaan dan kelebihan dari tiap variasi tersebut.
Kelebihan Tiap Variasi Pemanas Air Energi Surya Cara Ada Di Pasaran

  1. Sangat Pasif
    Pemanas air tenaga solar dengan sistem ini adalah salah satu variasi pemanas air yang tidak bertumpu pada sumber tenaga apa malah kecuali tenaga sang surya. Pada saat memproduksi air panas, dengan sistem sistem pasif hanya mengaplikasikan sumber tenaga sang surya.
    Perlu diketahui bahwa pemanas air tenaga solar yang mengaplikasikan sistem ini hanya mempunyai dua elemen inti adalah tangki penyimpanan air panas dan panel kolektor. Di mana panel kolektor adalah nilai inti dalam melaksanakan pemanasan air dengan tenaga sang surya.
    Kecuali cocok untuk ditempatkan pada rumah-rumah pribadi. Cara bentuknya yang sederhana pemakaian tenaga sang surya tersebut menjadikan si panel tersebut paling cocok diletakkan di atap rumah.
    Atap rumah telah adalah tempat paling optimal dan tepat dalam meletakkan panel yang mengarah pada sang surya langsung. Penempatan tangki malah diletakkan dengan posisi lebih tinggi dari panel.
  2. Sangat Aktif
    Sangat selanjutnya adalah sistem aktif, dan tentunya sifatnya sedikit berbeda dan agak bertolak belakang dengan sistem pasif. Energi pemanas air tenaga surya ini tidak hanya mengandalkan tenaga sang surya sebagai sumber panas melainkan juga berkolaborasi dengan tenaga listrik.
    Semua tersebut akan diaplikasikan untuk memompa dan menggerakkan perangkat kontrol otomatisnya untuk mengirimkan air panas dan air dingin dari tangki penyimpanan. Pemanas air dengan sistem ini juga dapat mengaplikasikan beberapa sumber tenaga kecuali panas sang surya saat kondisi darurat.
    Umumnya sumber tenaga tersebut diaplikasikan pada kondisi-kondisi tertentu saat tenaga sang surya sedang tidak dapat dimanfaatkan. Misalnya dikarenakan karena tidak adanya cahaya sang surya yang cukup. Cara akan diaplikasikan pada saat musim hujan di mana cuaca selalu mendung dan tidak ada cahaya sang surya sama sekali.
    Sangat aktif ini memang mengaplikasikan bantuan sumber tenaga lain sebagai penunjang karena alasan khusus. Energi umumnya pemanas air dengan sistem aktif bukan diperuntukkan bagi hunian atau rumah pribadi yang berskala kecil.
    Daerah variasi ini sungguh-sungguh diperlukan untuk industri skala besar seperti hotel, apartemen ataupun rumah sakit. Energi tersebut memang semestinya memanfaatkan pemanas air secara terus menerus. Berdasarkan tampungnya juga cukup besar sehingga tenaga yang diperlukan juga lebih banyak.
    penjelasan dua variasi dan variasi dari pemanas air tenaga sang surya tersebut, dapat diambil beberapa simpulan. Ada sebuah pemanas air yang mengaplikasikan tenaga surya saja melainkan ada juga yang tidak sepenuhnya hanya bertumpu pada tenaga sang surya. Apalagi di saat terjadi kondisi yang mewajibkan bantuan tenaga lainnya.

Sumber: intisolarsurabaya.com