Keunggulan dan Kelemahan Kolektor Pemanas Air Tenaga Surya

0
833
views
sumber: google.co.id

memang yakni ragam pemanas air yang digadang-gadang menjadi yang paling hemat kekuatan. Cara kerja pemanas air daya surya ini adalah dengan memanfaatkan cahaya sang surya yang diresapi oleh kolektor untuk disalurkan ke pipa-pipa air dan alhasil air yang mengalir hingga ke pengguna sudah berada pada temperatur panas atau hanta cocok selera.
Keunggulan dan kelemahan beraneka ragam kolektor pemanas air daya surya
Pemanas air daya sang surya dulu cuma bisa ditemukan di penginapan atau hotel saja. Melainkan dikala ini, telah banyak rumahan pribadi yang memakai pemanas air. Pada metode kerja kolektor pemanas air daya sang surya terdapat berjenis-jenis ragam kolektor dengan keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Berikut ialah penjelasannya:
• Kolektor plat datar tanpa glasir
Variasi kolektor pemanas air daya sang surya yang pertama ialah kolektor plat datar tanpa glasir. Kolektor ragam ini tak memiliki isolasi dan penutup kaca. Material kaca betul-betul ideal untuk mendapat temperatur air yang tergolong rendah. Kolektor ragam ini biasanya diaplikasikan pada pemanas air untuk kepentingan kolam, budidaya pertanian, sampai kebutuhan pada pencucian kendaraan beroda empat.
Keunggulan dari kolektor plat datar tanpa glasir antara lain memerlukan tarif pemeliharaan dan operasional yang betul-betul rendah, tarif pemasangan juga lebih relatif murah, betul-betul gampang pelaksanaan instalasinya serta kapabel diaplikasikan secara segera pada air kolam tanpa perlu pelaksanaan klorinasi.
Akan melainkan, kolektor plat datar tanpa glasir juga mempunyai kelemahan antara lain kurang tepat sasaran dan efisien, cuma bisa diterapkan dikala musim kemarau atau musim panas, dan yang lebih bermasalah ialah tak memiliki perlindungan dan terdegradasi tiap-tiap waktunya.
• Kolektor plat datar dengan glasir
Kecuali kolektor plat datar tanpa glasir, terdapat pula kolektor plat datar dengan glasir yang diterapkan pada pemanas air daya solar. Kolektor ini mempunyai sebagian bagian penting antara lain pipa, isolasi, pigura, kaca, almunium, tembaga, dan lainnya. Kolektor ragam ini banyak diterapkan di rumah-rumah pribadi.
Sisi profit pemakaian kolektor ini ialah membutuhkan tarif operasional dan pemeliharaan yang betul-betul relatif murah, kapabel diterapkan sepanjang tahun tidak cuma di musim panas saja, bisa diterapkan pada malam hari, dan instalasi bisa bertahan sebab diciptakan permanen. Meski untuk kelemahannya, kolektor ini tak bisa bertahan dikala cuaca sedang ektrim dan betul-betul riskan dengan angin.
• Kolektor Evacuated-tube
Variasi kolektor solar water heater yang banyak diterapkan berikutnya ialah kolektor evacuated-tube. Kolektor ini mempunyai wujud tabung dengan material kaca tunggal yang dilengkapi dengan pelat sebagai penyerap panas. Tabung kaca pada kolektor ini berfungsi sebagai absorber.
Profit mengaplikasikan kolektor ragam ini ialah kapabel meresap panas dengan total dan optimal, tarif operasional dan perawatan rendah, instalasi bisa dijalankan secara permanen, serta bisa diaplikasikan sepanjang tahun. Akan melainkan kolektor ini juga mempunyai kekurangan antara lain harganya lebih mahal, kurang bendung dengan dampak lingkungan, dan fungsi desain betul-betul terbatas sehingga semestinya dipasang vertikal.
Terbukti banyak ragam kolektor dengan keunggulan pemanas air daya surya disertai kelemahan masing-masing. Penjelasan di atas bisa dihasilkan acuan dan bahan pertimbangan dalam memilih ragam kolektor pemanas yang ideal dan cocok keperluan.

 

Sumber: intisolar.com