Lebih Jauh Tentang Komponen AC Beserta Fungsinya

0
77
views
sumber: google.co.id

Distributor AC yang semakin banyak ketika ini di berbagai wilayah tidak hanya menyediakan produk AC dan jasa pemasangan serta perawatan saja. Mereka juga menyediakan berbagai bagian dan sparepart AC. Ketersediaan ini tentunya bertujuan untuk memudahkan ketika terdapat kerusakan. Pendingin ruangan nampaknya sudah menjadi kebutuhan masyarakat kebanyakan. Kini AC tidak hanya terdapat di hotel atau gedung-gedung besar saja. AC juga sudah menjadi sesuatu yang wajar dipakai di rumah.
Beraneka bagian AC yang disediakan distributor AC
Ketersediaan dan proses instalasi pendingin ruangan atau AC ketika ini sudah bukan sesuatu yang susah lagi. Bagi masyarakat yang tidak memiliki keahlian, bantuan kontraktor AC akan memudahkan dan mempercepat proses tersebut. Supaya mengenal lebih jauh tentang AC, berikut terdapat beberapa bagian intinya:
• Kompresor
Komponen AC yang pertama dan dapat dikatakan paling utama yakni kompresor. Keberadaan bagian ini berfungsi sebagai pusat proses sirkulasi. Kompresor akan memompa serta mengedarkan bahan pendingin yang lebih diketahui sebagai refrigerant ke semua bagian pendingin ruangan. Malah kondensor juga berperan penuh dalam penyusunan area dengan tekanan yang berbeda yakni pada tekanan tinggi maupun rendah. Komponen yang satu ini sudah banyak tersedia di gerai distributor AC dengan berbagai tipe atau tipe.
• Evaporator
Berbeda dengan kondensor, bagian yang kedua dari AC yakni evaporator yang memiliki fungsi sebagai bagian yang meresap panas kemudian dialirkan ke ruangan refrigerant. Di ruangan refrigerant tersebutlah udara panas akan diolah sedemikian rupa sampai menjadi udara yang sejuk cenderung dingin. Dengan kata lain, evaporator dapat disebut sebagai bagian AC yang tugasnya menukar panas. Kerusakan AC yang terjadi pada bagian ini banyak ditemukan oleh perusahaan kontraktor AC yang hendak melakukan proses perawatan atau pembetulan.
• Kondensor
Berikutnya terdapat kondensor yang memiliki pipa dengan desain berlekuk-lekuk. Desain ini sengaja dibuat agar lebih hemat tempat dengan daya kerja yang lebih maksimal. Komponen ini berfungsi utuk menukarkan udara panas atau kalor. Cara kerjanya yakni mengubah refrigerant yang tadinya berwujud gas menjadi cairan. Kondensor yang sudah banyak tersedia di gerai distributor AC Indonesia juga cakap meminimalisir suhu pada refrigerant. Semua proses tersebut dijalankan kondensor dengan bantuan pipa seperti yang dibuktikan di atas.
• Pipa kapiler
Komponen inti ada AC yang terakhir yakni pipa kapiler. Komponen ini sudah banyak dijamin ketangguhannya oleh para kontraktor AC terpercaya. Fungsinya yakni sebagai penurun tekanan refriferant yang terlalu panas untuk disalurkan ke evaporator. Sebab penurunan tekanan refrigerant inilah terjadi penurunan suhu yang membikin udara yang dibuat oleh AC menjadi sejuk dan lebih cenderung ke dingin.
Selain keempat bagian utama di atas, pendingin ruangan juga memiliki beberapa bagian penunjang seperti strainer, blower, minyak pelumas untuk kompresor serta accumulator sebagai penampung refrigerant sementara. Kesemua bagian penunjang tersebut juga dapat ditemukan di gerai distributor AC.

 

Sumber: acwahana.com