Lokasi dan Arah Pemasangan Solar Water Heater yang Benar

0
19
views
sumber: google.co.id

Penggunaan pemanas air tenaga surya sekarang sering digunakan di beberapa rumah. Hal ini disebabkan kebutuhan air panas yang cukup tinggi. Selain itu, penggunaan pemanas air surya lebih efisien karena menggunakan energi matahari. Tetapi jika Anda ingin menggunakan pemanas air, perlu untuk memperhatikan hal-hal berikut.
Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika menginstal pemanas air matahari

  1. lokasi instalasi pemanas air
    Lokasi akan digunakan untuk instalasi pemanas air tidak sembarangan. Hal ini dimaksudkan agar matahari dapat diterima dan disimpan oleh pemanas dapat dimaksimalkan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan tentang lokasi instalasi:
    • Hindari terlalu banyak tanah sehingga lebih sedikit terkena sinar matahari atau penghalang cahaya bisa masuk ke panel surya maksimal. misalnya, pohon, tiang listrik, gedung-gedung tinggi dan sebagainya.
    • Hal ini juga penting untuk dicatat bahwa menggunakan panel kolektor harus dibentuk di mana matahari dapat bersinar langsung. Dengan demikian, pasokan energi matahari juga akan lebih.
    • Pilih yang sesuai pemasangan titik lokasi. Lokasi ideal adalah ketika ukuran hasil memasang pipa air panas bisa sesingkat mungkin untuk seragam mengalir ke titik pembuangan air.
    • Pastikan konstruksi atap Anda dapat menahan berat pemanas air energi matahari sampai kondisi air terbuka dan dalam periode waktu yang lama juga.
  2. Arah memasang pemanas air
    Selain lokasi atap atau tanah yang akan digunakan untuk instalasi pemanas air matahari. Hal ini juga penting untuk mengetahui arah dari instalasi. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan.
    • Jika wilayah rumah Anda di garis khatulistiwa, maka arah memasang pemanas air yang baik menghadap ke selatan. Memang, arah sinar matahari terutama menyelundup selatan.
    • Namun, jika area rumah Anda tidak di khatulistiwa, Anda dapat menginstal pemanas air surya Jakarta menghadap ke utara. Pastikan Anda sudah tahu mana arah itu atau menggunakan kompas untuk lebih tepatnya.
    • Jika selama instalasi pemanas air tidak dapat secara akurat menghadap ke selatan atau utara, Anda dapat mengubah arah pemanasan hingga 45 derajat barat atau timur. Namun, offset tersebut akan mempengaruhi kinerja pemanas Anda.
    • Jika Anda tidak bisa bergerak pemanas ini Anda dapat menginstal pemanas air menghadap ke timur. Tapi arah digunakan jika penggunaan air panas cukup sering sebelum 14 jam. Sebaliknya, jika penggunaan air panas biasanya 14 jam, Anda dapat menggunakan Barat untuk menginstal pemanas air matahari.

Sumber: intisolarsurabaya.com