Mengenal Enamel Pada Pemanas Air Tenaga Surya

0
101
views
sumber: google.co.id

Enamel yakni komponen yang cukup penting untuk pemanas air daya surya. Mungkin banyak orang yang masih awam dengan nama enamel ini. Enamel banyak dijumpai sebagai sebutan salah satu komponen pada gigi tetapi ternyata enamel yang dimaksud ini cukup berperan aktif. Dapat disebut juga sebagai pelindung untuk pemanas airnya.
Penjelasan mengenai enamel ini tentu wajib dipahami bagi Anda yang ingin memasang pemanas air komplit dengan tipe enamel yang sering dipakai.
Pengertian enamel pada pemanas air daya surya
Enamel untuk pemanas air ini mempunyai artian sebagai pelindung atau pelapis untuk menambah poin dekoratif pada sebuah pemanas air. Bahan pembuatnya dari leburan sebagian komponen organik dengan suhu yang tinggi. Enamel sendiri sudah ditemukan semenjak zaman Mesir ke Yunani Kuno dengan fungsi yang beragam.
Lapisan enamel ini banyak dipakai untuk melapisi cincin, gelas dan juga keramik agar tidak gampang mengelupas. Sampai akhirnya cara kerja enamel ini mulai berkembang dan dipakai untuk pemakaian solar water heater. Lebih tepatnya dikenal dengan cara kerja pengecoran lembaran pada besi.
Bukan hanya untuk pemanas air saja tetapi ketika ini cara kerja enamel sudah banyak ditemukan untuk perabot rumah tangga yang memerlukan pelapisan khusus. Lambat laun progresnya juga semakin modern dan halus sehingga banyak dipakai untuk beragam tipe bidang kehidupan.
Apa saja tipe enamel yang ada pada pemanas air daya surya?
Sesudah mengenal pengertian dari enamel untuk pemanas air daya matahari selanjutnya Anda dapat mengenal tipe-tipe dari enamel yang satu ini. Secara awam enamel mempunyai dua tipe awam yang awam dipakai seperti di bawah ini:
• Enamel Porselen
Ragam pertama yang perlu dikenal yakni enamel porselen. Enamel yang satu ini mempunyai bentuk lapisan kaca yang cukup tipis dan menempel pada logam dengan suhu yang tinggi. Fungsi utamanya yakni untuk memperkuat permukaan pada obyek dan juga memberikan sisi dekoratif untuk obyek yang dipasangi.
Fungsi lainnya yakni untuk meminimalisir terjadinya goresan pada komponen kaca dan terjadinya karatan ketika suhu mulai berubah tidak karuan. Lazimnya dipakai untuk perlindungan yang lebih optimal sebab lapisannya benar-benar tebal.
• Enamel yang dicat
Ragam kedua yang dapat dikenal yakni enamel yang dicat. Formatnya terang lebih simpel diperbandingkan dengan enamel bentuk porselen. Enamel yang satu ini berbentuk cair yang ditempatkan pada wadah berupa semprotan. Kemudian enamel ini dapat disemprotkan pada obyek yang dibutuhkan.
Ada juga sistem pelapisan lain yang seketika dicelupkan pada bathtub khusus agar lapisan ini dapat masuk lebih merata pada komponen badannya. Jadi tergantung keperluannya saja bagaimana memakai enamel yang satu ini.
Itulah sebagian hal penting mengenai pengertian enamel untuk pemanas air daya surya dan tipe yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Semoga berguna.

Sumber: intisolarsurabaya.com