Perhatikan Hal Ini Ketika Memilih Printer di Pasaran

0
69
views
sumber: google.co.id

Bagi seseorang yang baru saja hendak membeli printer inkjet, tentunya perawatan adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Ikuti tips berikut agar pembeli bisa memilih printer terbaik dan merawatnya dengan benar.

Bagaimana cara memilih printer jenis inkjet terbaik?

  1. Beli printer baru

Pilihlah printer yang masih baru agar meminimalkan risiko kerusakan di kemudian hari. Selain itu barang baru biasanya masih memiliki garansi, sehingga dapat mengkover biaya perbaikan jika seandainya terjadi masalah selama periode garansi.

  • Sesuaikan dengan kebutuhan

Sesuaikan pembelian printer dengan kebutuhan. Hal ini tentu bervariasi untuk setiap orang. Ada yang berkebutuhan cetak tinggi seperti di perkantoran, atau advertising. Atau bisa juga yang tidak membutuhkan cetak harian dalam kuantitas tinggi seperti printer rumahan.

  • Cek kondisi menyeluruh

Selalu lihat kondisi printer secara menyeluruh sebelum membelinya. Pastikan tidak ada kotoran, lecet, dan tergores di permukaannya. Selain itu sangat penting memastikan memilih printer inkjet yang dapat mencetak dengan baik sebagaimana fungsi utamanya.

  • Pilih merk printer berkualitas

Belilah printer dari merk yang memang sudah teruji kualitasnya seperti printer Brother. Hal ini akan menjamin produk-produk yang mereka produksi adalah yang terbaik dan memuaskan konsumennya.

  • Layanan after sales

Tidak hanya memperhatikan kualitas barang yang akan dibeli, pastikan juga mereka memiliki layanan after sales yang responsif dan cekatan. Hal ini penting agar konsumen dapat mengklaim garansi sesuai dengan apa yang dijanjikan.

Perawatan printer inkjet supaya tetap awet

  • Lakukan instalasi driver secara tuntas

Jangan setengah-setengah dalam menginstal driver agar segala teknologinya dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Serta memudahkan dalam memanfaatkan printer sesuai keperluan, misalnya pada pemasangan printer wireless, maupun sharing printer.

  • Istirahatkan printer

Jika kondisi printer sudah terlalu panas untuk melakukan pekerjaan maka istirahatkan sejenak. Setelah suhu kembali normal, pencetakan dapat dilanjutkan. Hal ini penting menjaga printer inkjet awet agar tidak cepat rusak karena kepanasan.

  • Tidak meletakan barang berat

Jangan membiasakan meletakan barang apa pun secara bertumpuk-tumpuk di atas printer. Alat ini tidak didesain untuk tempat menaruh barang. Selain terlihat ramai, hal ini juga dapat membuat printer cepat rusak. Apalagi jika bodinya terbuat dari bahan plastik.

  • Letakan di tempat sejuk

Printer hendaknya diletakan di tempat yang sejuk dan menghindarinya dari intensitas matahari secara langsung. Tempat yang panas hanya akan membuat tinta-tintanya cepat mengering dan akhirnya rusak.

  • Matikan saat tidak dipakai

Segera matikan printer jika sudah selesai dipakai. Selain menghemat listrik cara ini juga akan membuat printer lebih awet. Matikan printer secara benar dengan terlebih dahulu menekan tombol off pada power. Hindari langsung mencabut kabelnya secara tiba-tiba.

Memilih dan merawat printer inkjet memang tidak bisa asal agar keawetannya terjaga sehingga senantiasa dapat melakukan tugas cetaknya dengan baik. Pastikan membelinya dari store yang terpercaya agar mendapat barang orisinal.

Sumber: brother.co.id