Wilayah Yang Tepat Untuk Pemasangan Water Heater Matahari

0
185
views
sumber: google.co.id

Dikala ini pemakaian water heater sang surya semakin meningkat. Kekuatan ini juga karena diberi pengaruh oleh keperluan air hangat yang juga semakin tinggi. Selain itu, juga karena banyaknya manfaat yang dapat diperoleh dari pemakaian pemanas air ini. Penerapan pemanas ini akan amat berguna untuk kawasan dengan cuaca terik terutama Indonesia.
Wilayah Yang Tepat Untuk Pemasangan Water Heater Matahari
Pemanas air daya solar ialah pemanas yang mengaplikasikan metode daya dari panas sang surya sebagai sumber tenaganya. Jadi panas yang asalnya dari surya kemudian dipakai dalam progres pemanasan air dingin sehingga kesudahannya menciptakan air yang panas sehingga dapat seketika dipakai.
Untuk itu, kawasan yang tepat untuk pemakaian pemanas air ini ialah kawasan yang cukup terik atau kawasan yang memang mempunyai pasokan daya sang surya dengan bagus. Kebanyakan kawasan yang mempunyai musim kemarau dan musim penghujan saja yang dapat dipakai.
Salah satunya ialah kawasan di Indonesia. Letak Indonesia yang berada di garis khatulistiwa dapat menolong untuk menerima daya panas sang surya dengan lebih maksimal. Malahan karena letak geografis inilah, membuat Indonesia dapat menerima panas sang surya sepanjang tahun. Jadi pemakaian pemanas air daya solar juga dapat lebih maksimal.
Kekuatan ini juga yang membuat peningkatan pemakaian water heater surya menjadi bertambah. Jika menurut data dari BMKG, rata-rata insolasi tahapan sang surya yang ada di Indonesia sekitar 5.12 watt/m2/day. Artinya, kondisi ini amat bagus untuk dimanfaatkan sebagai daya pemanas air daya surya.
Salah satu tempat yang ada di Indonesia yang mempunyai kandungan atau tingkat insolasi yang cukup tinggi ialah Bali. Di kawasan ini tingkat insolasinya sekitar 6.19 watt/m2/day. Untuk tempat lainnya yang juga mempunyai insolasi tinggi ialah Bekasi, Depok, Jakarta, Bogor dan Tangerang.
Dari data yang ada tersebut karenanya dapat disimpulkan bahwa kebanyakan kawasan di Indonesia akan amat pantas jika mengaplikasikan solar water heater. Jadi akan amat wajar jika permintaan untuk pemakaiannya juga cukup tinggi. Tetapi selain itu, berbagai jenis manfaat lainnya juga dapat menjadi pemicu tingginya pemakaian pemanas air daya surya.
Contohnya dari segi tarif yang lebih hemat. Biaya yang patut dikeluarkan dapat menjadi lebih hemat jika dibandingkan dengan jenis pemanas lainnya. Kekuatan ini karena sumber daya yang dipakai dalam pemanasan air ialah daya sang surya.
Di mana daya sang surya ini dapat dipakai kapan saja dan juga tanpa perlu mengeluarkan tarif. Dalam kata lain Anda dapat mengaplikasikan daya ini sebanyak apa malah dan secara cuma-cuma.
sang surya yang tersedia juga tak dapat habis atau termasuk dalam daya yang terbaharukan. Kekuatan ini berarti daya tersebut lebih ramah lingkungan karena tak akan menghabiskan sumber daya yang ada di dunia. Untuk itu akan amat berguna dan menguntungkan jika mengaplikasikan water heater sang surya di rumah dalam pemanasan air.

Sumber: intisolar.com