3 Ciri dan Makna Desain Seragam Bank yang Ada di Indonesia

0
85
views
sumber: google.co.id

Seragam bank adalah salah satu sistem jitu menonjolkan identitas dari lembaga bank. Berbeda dari perusahaan lainnya, bank dituntut untuk dapat memberikan layanan dari semua produk yang ditawarkannya setiap hari, bukan cuma memasarkan produk saja. Secara tidak lantas, bank harus mampu memasarkan profesional melewati gestur kerja dan sistem berpenampilan yang sopan.
Seragam karyawan bank harus dikenakan untuk menonjolkan citra positif dan profesional, sehingga bank selalu menonjol positif dan tepercaya. Tetapi rupanya, filosofi dari seragam kerja bank itu jauh lebih kompleks. Termasuk untuk karyawan yang tugasnya di garda depan adalah teller.
Inilah makna seragam teller wanita bank di Indonesia

  1. Bank Nasional Indonesia (BNI)
    Karyawan wanita yang berprofesi sebagai teller di Bank Nasional Indonesia lazimnya memakai kemeja kerja yang didominasi warna jingga merah. Warna tersebut melambangkan rasa percaya diri dan dipadukan blazer hitam yang melambangkan citra profesional.
    Meskipun teller wanita yang memakai jilbab harus memakai jilbab yang warnanya sama dengan seragam kerja. Aksesori tambahan pita berwarna toska dikenakan sebagai scarf, warnanya sama dengan logo BNI dan memiliki lambang otoritas, tenaga, citra modern, kekokohan dan warna unik yang menonjolkan karyawan dari BNI.
  2. Bank Mandiri
    Berbeda dari BNI, seragam bank Mandiri didominasi dengan warna kuning dan abu-abu. Teller wanita harus mengenakan seragam berwarna kuning yang melambangkan kemakmuran, keagungan dan kekayaan, warna ini diambil dari logo bank Mandiri.
    Sebagai luaran kemeja, untuk meningkatkan citra profesionalisme karenanya teller wanita harus mengenakan blazer abu-abu yang melambangkan keseriusan dan stabilitas. Meskipun untuk bawahannya, menyesuaikan dengan warna atasan dapat mengenakan celana atau rok.
  3. Bank Danamon
    Terakhir adalah cerminan seragam kerja untuk teller wanita yang berprofesi di bank Danamon. Umumnya mereka akan mengenakan blazer hitam yang berfungsi sebagai pelapis blouse putih. Di samping blazer sengaja ditambahkan motif segitiga yang melambangkan warna jingga dan kuning yang sudah disesuaikan dengan warna lambang Danamon. Tiap warna memiliki makna yang dalam, untuk warna hitam melambangkan profesionalitas dalam lingkungan kerja meskipun jingga dan kuning memberikan kesan percaya diri yang kuat.
    Membikin desain seragam bank karyawan
    Berkeinginan seragam kerja bank awam atau seragam bank syariah, utamanya lembaga bank akan membuatkan seragam kerja dengan basis warna yang tidak berbeda jauh dari warna logo atau lambang bank. Tujuannya tentu saja untuk menonjolkan karakter sebab berbeda dari seragam perusahaan swasta, seragam kerja bank tidak menambahkan lambang nama perusahaan.
    Selain digunakan untuk cerminan profesionalisme, lembaga bank sengaja membuat seragam untuk menonjolkan citra perusahaan malahan bertanding-pertandingan dengan bank lainnya untuk membuat seragam kerja terbaik yang tidak cuma menjadi pujian karyawan saja tapi juga menjadi pujian perusahaan. informasi singkat perihal seragam bank.

Sumber: henryadams.co.id