Hari Libur Oktober 2020

0
27
views
sumber: google.co.id

Sebagai masyarakat biasa Anda mungkin tak melihat hari libur Oktober 2020 sebagai sesuatu yang penting. Apalagi jikalau tak ada pedoman tanggal merah yang tertulis di kalender. Bukan hal yang mustahil jikalau Anda tak mengetahui I Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila atau 4 Oktober yang diatur sebagai Hari Binatang Sedunia. Simak daftar hari-hari penting di Indonesia dan dunia berikut.
Daftar Hari Libur Oktober 2020
• 1 Oktober (Hari Kesaktian Pancasila)
Hari Kesaktian Pancasila adalah peristiwa penting bersejarah yang terjadi pasca G30S/PKI. Sebagaimana yang dikenal, PKI adalah partai komunis yang mau merubah Indonesia menjadi negara komunis. Sementara negara komunis berlawanan dengan Pancasila.
• 2 Oktober (Hari Batik Nasional)
Salah satu bukan hari libur nasional yang ternyata mempunyai kepentingan tertentu di Indonesia adalah Hari Batik Nasional. Di hari tersebut, Indonesia memperingati penetapan batik sebagai salah satu warisan kebudayaan dan kemanusiaan di tanah air. Menariknya penetapan 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional justru dilaksanakan UNESCO pada 2009 lalu. Untuk memperingatinya, seluruh masyarakat termasuk pegawai BUMN dan pemerintahan dianjurkan untuk mengenakan batik.
• 4 Oktober (Hari Binatang Sedunia)
Mencintai hewan adalah sifat dasar manusia sebagai orang yang berakal dan berbudi luhur. Melainkan kian hari kian banyak saja pemburu yang memburu hewan-hewan langka bagus yang ada di darat, udara ataupun laut. Sebagai format kepedulian akan kehidupan hewan diatur Hari Binatang Sedunia.
• 10 Oktober (Hari Kesehatan Jiwa)
Kecuali tiga peringatan di atas, bukan hari libur 2020 Indonesia lainnya adalah Hari Kesehatan Jiwa tiap 10 Oktober. Tujuan utama peringatan Hari Kesehatan Jiwa adalah kampanye pembelaan kesehatan mental sekaligus untuk mengedukasi masyarakat biasa akan pentingnya info kesehatan jiwa dan mental.
• 12 Oktober (Hari Museum Nasional)
Peringatan Hari Museum Nasional dilaksanakan sejak 2015 sampai saat ini. Dengan peringatan ini diinginkan masyarakat tergerak untuk menghasilkan museum sebagai salah satu tujuan tamasya. Mengingat museum bukan menjadi langganan tamasya populer bagi para pelancong.
• 24 Oktober (Hari PBB)
Alokasi libur panjang 2020 mungkin tak menambahkan Hari PBB ke dalamnya, tetapi tiap 24 Oktober warga dunia selalu merayakannya. Perayaan yang dilaksanakan melibatkan pertunjukkan seni dan masakan yang menawarkan bermacam-macam panganan khas dari bermacam-macam negara.
• 28 Oktober (Hari Sumpah Pemuda)
Sejak diatur tahun 1959 lalu, Hari Sumpah Pemuda dirayakan secara rutin pada 28 Oktober. Melainkan berbeda dengan Hari Natal atau Idul Fitri, Hari Sumpah Pemuda bukan termasuk hari libur kalender 2020. Peringatan Hari Sumpah Pemuda diatur oleh Keppres No. 316 Tahun 1959.
• 29 Oktober (Maulid Nabi Muhammad SAW)
Merupakan peringatan keagamaan Islam yang dilaksanakan untuk memperingati hari lahirnya Nabi Muhammad SAW. Di tanggal Hijriyah, Maulid Nabi Muhammad dilaksanakan 12 Rabiul Permulaan. dalam penanggalan Masehi bertepatan dengan 29 Oktober 2020.
Bicara seputar hari libur Oktober 2020, faktanya ada sebagian hari penting nasional yang diatur bukan sebagai tanggal merah. Sebagai warga negara sudah menjadi tugas kita untuk mengetahui dan memperingatinya.

Sumber: hariliburnasional.com