Sedang Liburan? Coba Kunjungi 4 Tempat Ziarah Kubur di Indonesia Ini!

0
24
views
sumber: google.co.id

Ziarah kubur di Indonesia sebagai negara mayoritas beragama Islam bukanlah suatu hal yang tabu. Pasalnya sampai sekarang, kesibukan religi ini masih merekat di jiwa masyarakat Indonesia. Ziarah ini kecuali terkhusus ke makam keluarga juga dijalankan untuk berkunjung ke makam para wali atau tokoh Islam lainnya.
Daftar anjuran wisata dengan ziarah kubur di Indonesia
Ziarah dapat dijalankan kapan saja, tapi lazimnya dijalankan sebelum atau setelah Ramadhon dan juga dapat dijalankan dalam bulan Ramadhon. Hakekatnya ada banyak makam tokoh yang dapat diziarahi, tapi ketika ini kita cukup membahas 4 obyek ziarah kubur yang dapat dikunjungi di Indonesia:

  1. Makam Bung Karno
    Bagi pengunjung yang berharap berkunjung ke sini seharusnya hingga di Bendogeri, Blitar terutama dulu. Makam ini dapat dibilang senantiasa ramai sebab penziarah bebas mengunjunginya bagus pada bulan Ramadhon maupun pada hari-hari awam. Jumlah pengunjung tentu berbeda dimana pada bulan Ramadhon lebih banyak penziarah yang datang dibandingi hari-hari awam. Bukan saja makam, tapi pengunjung yang datang ke sini juga dapat singgah ke museumnya.
  2. Makam Sunan Gunung Jati
    Makam yang berada di Cirebon ini yaitu suatu obyek liburan religi salah satu dari jumlah 9 Walisongo. Tokoh ini juga berperan dalam penyebaran agama Islam sehingga makamnya diziarahi untuk mengingat kembali jasa mulia yang sudah diberi dahulu. Pengunjung dapat menemukan makam ini di Jawa Barat terpenting Gunung Jati, Cirebon.
  3. Mesjid Agung Demak
    Mesjid Agung Demak yaitu zona rumit mesjid makam-makam raja Kesultanan Demak. Kecuali sebab adanya makam Sultan Fatah, mesjid Agung ini ialah mesjid yang berusia cukup tua sehingga tak heran banyak orang yang datang. Pengunjung dapat menemukan zona mesjid ini di kecamatan Demak, terpenting Jl. Raya Sultan Fatah No. 57. Obyek liburan ini sering kali dikunjungi dikala tibanya bulan Ramadhon maupun sesudah Ramadhon usai yakni dikala lebaran. Kecuali dapat memperhatikan bagaimana mesjid agung ini, dengan mengunjungi makam tokoh Islam, setidaknya dapat mengenal tata sistem ziarah kubur yang bagus.
  4. Setono Gedong Kediri
    Kecuali di Demak, Setono Gedong Kediri yang berada di Kediri juga tak keok ramai pengunjung dikala bulan Ramadhon dan lebaran. Pasalnya di dalam zona ini terdapat makam Syekh Wasil Syamsudin. Seorang tokoh yang diketahui sebagai ulama besar Persia dan menyebarkan Islam di Indonesia. Bagi yang kebingungan dengan zona ini, pengunjung tempat ini tentunya seharusnya tiba di Kediri dahulu. Berikutnya ambil rute sampai tiba Jl. Dolo. Nah, makam Setono Gedong ini berada berseberangan dengan stasiun Kediri.
    Sekian tulisan mengenai ziarah kubur di Indonesia dan 4 daerah yang dapat diziarahi hal yang demikian. Tetapi perlu dikenal bahwa untuk melaksanakan ziarah ini tentu ada tata krama yang perlu dilihat. Jangan asal masuk ke zona makam tanpa peduli zona lingkungan sekitar. Selamat berkunjung.

Sumber: hariliburnasional.com