5 Hal Penting Persiapan ABK Kapal Ikan Sebelum Berlayar

0
70
views
sumber: google.co.id

Abk kapal ikan sebelum ada hal yang perlu diketahui dan dipersiapkan sebelum melakukan praktik di kapal ikan. Karena pekerjaan dan pola hidup yang ada di kapal ikan lumayan berbeda dengan pola hidup di kapal yang lain.
ABK Kapal ikan penting observasi 5 hal berikut
Pelaut yang pertama kali berprofesi di kapal ikan mungkin belum tahu apa aku yang perlu disiapkan. Selain dapat bertanya terhadap rekan atau saudara yang pernah berprofesi di kapal ikan, untuk mengenal hal penting apa saja yang perlu diamati juga dapat diketahui dengan membaca kelima nilai berikut:

  1. Baju
    Baju yakni benda yang sangat penting untuk dibawa, namun untuk menjalani praktik lowongan kapal ikan di kapal ikan sebaiknya jangan terlalu banyak membawa pakaian. Bawa ransel ransel saja, tak usah membawa koper sebab di kapal lebih banyak berprofesi dan istirahat. Cukup membawa 3 stel pakaian yang dipakai untuk berprofesi meskipun untuk istirahat 2 stel saja. Juga dapat ditambahkan satu stel pakaian bagus yang nantinya dapat dipakai kalau kapal bersandar di pulau yang ada di tengah laut. Jangan lupa membawa pakaian untuk shalat bagi yang beragama Islam.
  2. Uang
    Uang meskipun yakni benda yang sangat tak terpisahkan namun saat melakukan praktik tak perlu dibawa banyak. Cukup uang Rp 50.000 beberapa lembar atau Rp 20.000 sebagai persiapan kalau nanti kapal singgah pulau tertentu. Uang hal yang demikian dapat dimanfaatkan untuk jajan atau membeli peralatan mandi yang sudah habis. Perlu diketahui bahwa membawa uang bukan hal yang seharusnya, sebab kapten kapal sudah menyiapkan uang untuk para kru kapal kalau butuh uang. Kapten akan memberikan kalau diminta namun akan dilakukan pemotongan gaji nantinya.
  3. Obat-obatan
    Tips pelayaran kapal ikan berikutnya perlu sediakan obat anti mabuk, minyak angin, obat batuk, obat masuk angina, balsem dan koin untuk alat kerokan saat masuk angina, obat diare, obat sakit kepala dan obat khusus lainnya sesuai penyakit yang diderita.
  4. Kelengkapan mandi
    Apa saja yang perlu disiapkan untuk peralatan mandi tentunya sudah tahu seperti sikat gigi, sabun mandi, sabun batangan, sabun cuci muka dan sampo. Mandi di kapal ikan tak senyaman mandi di rumah atau kapal pesiar yang lain. Apalagi air tawar yang disediakan tak melimpah sehingga perlu dipakai secukupnya. Pertama saat mandi tubuh disiram dengan air laut dan terakhir mandi dibilas dengan air tawar.
  5. Handphone
    Zaman yang sudah canggih sekarang seolah tak dapat hidup tanpa handphone, namun bagi yang berprofesi di atas kapal atau crew kapal ikan saat berada di tengah laut sinyal kurang bagus atau dapat saja tak ada. Meskipun seperti itu kalau perjalanan yang dilakukan selama rentang waktu yang lama maka membawa handphone juga pilihan yang bagus. Handphone yang dibawa tak perlu yang sangat canggih dan mahal, namun yang dapat telepon dan SMS saja sudah cukup. Karena kalau hilang atau jatuh ke laut, maka yang rugi diri sendiri. Untuk kartunya sebaiknya bawa kartu T*lkomsel saja.
    Sekian penjelasan seputar 5 hal yang perlu disiapkan abk kapal ikan sebelum berangkat untuk praktek atau berprofesi di kapal ikan. Semoga bermanfaat.

Sumber: jobpelaut.com