Berapa Besar Gaji Pelaut Indonesia Saat Ini?

0
307
views
sumber: google.co.id

Gaji pelaut Indonesia mungkin tidak sebesar gaji awak kapal asing sebab kurs mata uangnya saja sudah berbeda. Meskipun demikian, seandainya dinikmati di dalam negeri total gaji yang diperoleh pelaut Indonesia masih dalam taraf yang wajar. Dengan gaji tersebut, Anda masih dapat memenuhi keperluan sehari-hari dan keperluan keluarga.
Keistimewaan dan kelemahan menjadi pelaut
Sebelum bicara perihal gaji para pelaut, hendaknya kita mencari tahu terpenting dahulu apa saja keistimewaan dan kelemahan yang dimiliki dari pekerjaan ini:
• Jauh dari sanak famili
Salah satu kekurangan dari pekerjaan ini adalah menjauhkan pelaut dari sanak keluarganya. Bila seorang staf kantoran biasa dapat berjumpa tiap-tiap hari atau setidaknya seminggu dan sebulan sekali dengan keluarga, maka butuh waktu berbulan-bulan bagi pelaut. Karena ritme pekerjaan di laut yang jauh lebih tinggi daripada pekerjaan di daratan. Seorang pelaut dapat pulang tiap-tiap sebagian bulan sekali atau tiap-tiap tahun sekali tergantung pada kebijakan kerjanya.
• Dituntut bertubuh sehat
Berprofesi sebagai pelaut juga dituntut untuk bertubuh sehat sebab pekerjaan ini mempunyai risiko yang betul-betul tinggi. Bila fisiknya lemah akan sulit bagi pelaut untuk bertahan terpenting di medan yang berat.
• Bisa berprofesi di bawah tekanan
Tekanan pekerjaan yang dimiliki seorang pelaut kadang kala jauh dari gaji yang didapatkannya. Tetapi sebab sudah benar-benar menyenangi pekerjaan ini, sebagian orang kapabel bertahan sedangkan patut berprofesi dengan penuh tekanan.
• Penghasilan
Beberapa orang percaya seandainya gaji pelayaran Indonesia itu cukup besar. Tetapi rata-rata gaji sesungguhnya masih jauh dari standar. Kondisi ini kadang kala yang menyebabkan banyak pelayar Indonesia yang memastikan untuk berpihak pada perusahaan kapal asing daripada patut berprofesi di kapal dalam negeri.
Rata-rata gaji pelaut Indonesia
Dikala berprofesi sebagai pelaut, selain antusias dengan pengalaman berlayar Anda tentu merasa antusias dengan gaji yang diperoleh. Apakah gajinya benar-benar besar seperti yang selama ini digembor-gemborkan banyak orang? atau gajinya masih sama seperti gaji staf biasa di daratan?
Pada dasarnya gaji pelaut di tanah air itu dibedakan menurut posisinya. Semakin tinggi posisi yang Anda miliki otomatis kian besar pula jumlah penghasilan yang Anda dapatkan tiap-tiap bulannya.
Misalnya, gaji nakhoda di tanah air yang seandainya dihitung rata-ratanya cuma berkisar Rp 3-3.5 juta per bulannya. Konon gaji pelaut Indonesia 2020 tersebut disamakan dengan UMR dari masing-masing tempat. Untuk menerima gaji yang jauh lebih besar kadang kala pelaut Indonesia memastikan untuk berlayar di kapal asing.
Memiliki kehidupan yang pantas sebagai awak kapal cuma dapat dinikmati sendiri oleh mereka yang menjalani pekerjaan ini. Tetapi dari sebagian pengalaman kru kapal banyak yang mengaku seandainya gaji yang diterima masih jauh dari kata pantas.
Ini menjadi pekerjaan rumah pemerintah RI untuk menyejahterakan para pelaut Indonesia. Caranya dengan memberikan gaji pelaut Indonesia yang pantas dengan job description mereka.

Sumber: jobpelaut.com