Tips Cari Kerja Pelaut Agar Lebih Mudah untuk Diterima

0
112
views
sumber: google.co.id

Tips cari kerja pelaut diperlukan oleh mereka yang baru pertama kali menjajaki bidang kelautan. Dalam artian masih buta sema sekali tentang bagaimana menemukan pekerjaan yang ideal di bidang ini.
Sama seperti pekerjaan lainnya, untuk diterima sebagai awak kapal seseorang harus lewat level demi level penting. Mulai dari tes, interview dan level lainnya. Karena menjadi pelaut bukan semudah memutar kemudi kapal, seseorang harus mempunyai persiapan yang matang baik dari segi lahiriah ataupun mental.
Ikuti Tips Cari Kerja Pelaut Agar Lebih Gampang untuk Diterima

  1. Jalin Relasi Baik Dengan Tiap Almamater
    Mendapat pekerjaan sebagai awak kapal di perusahaan adalah kemauan mereka yang telah diungkapkan lulus dari study-nya. Sayangnya, kompetisi yang tinggi membikin Anda kesulitan untuk menemukan dan mendapatkan pekerjaan yang ideal.
    Tingkatkan kesempatan menemukan pekerjaan dengan menjalin relasi baik entah itu dengan almamater sendiri ataupun almamater lainnya. Karena siapa yang bisa menebak dari mana arah rezeki itu datang.
    Bisa saja senior atau junior Anda di almamater yang justru memberikan kesempatan mendapatkan pekerjaan dengan merekomendasikan Anda pada perusahaan. Atau tawaran baik yang datang dari kawan karib yang study di almamater lainnya.
    Setelah lulus dari study, jangan menghilang dari sirkulasi pertemanan. Jalin terus relasi pertemanan dengan baik, baik dengan jebolan ataupun junior.
  2. Sebar CV Ke Bermacam Perusahaan Pelayaran
    Salah satu sistem mendapatkan pekerjaan dari lowker pelaut yang Anda peroleh adalah dengan menyebarkan CV. CV dan lamaran yang disebar jangan hanya pada satu perusahaan pelayaran saja.
    Perluas kesempatan dengan mengirimkan lamaran ke berbagai perusahaan pelayaran, baik skala nasional ataupun internasional. Setidaknya saat CV Anda ditolak di perusahaan A, masih ada kesempatan untuk dipanggil dari perusahaan B atau C.
  3. Jangan Terlalu Picky
    Sebagai fresh graduate, Anda mungkin ingin langsung menemukan perusahaan pelayaran terbaik untuk berprofesi. Boleh saja melamar di perusahaan pelayaran asa, melainkan jangan pandang sepele perusahaan pelayaran lainnya.
    Dikala memperhatikan lowongan kerja pelaut, usahakan untuk tidak memperhatikan spesifikasi perusahaan menurut pemberian gaji atau honor saja. Anda harus membuka pola pikir dan memperhatikan semua perusahaan pelayaran dengan sistem yang sama.
    Bila telah seperti ini, tidak sulit bagi Anda untuk mendapatkan pekerjaan. Karena semenjak permulaan asa Anda adalah mendapatkan pekerjaan. Masalah gaji dan lainnya bisa dipikirkan kemudian. Karena semakin banyak pengalaman yang Anda miliki, semakin banyak pula kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.
  4. Lapangan Seketika Ke Perusahaan
    Beberapa lowker ABK pelaut memang bisa Anda lihat dan peroleh di laman perusahaan pelayaran. Namun, tidak ada salahnya untuk survey langsung ke perusahaan. Dengan sistem ini, Anda bisa memahami bagaimana proses penerimaan awak kapal baru yang berlaku di perusahaan bersangkutan.
    Demikian tentang kiat cari kerja pelaut. Bukan hal mustahil untuk mendapatkan pekerjaan walaupun Anda baru lulus study. Intinya harus lebih sering kali membuka lowker dan mengajukan lamaran.

Sumber: jobpelaut.com