3 Fitur Unggulan Printer Inkjet di Berbagai Kebutuhan

0
36
views
sumber: google.co.id

Berdasarkan cara kerjanya, printer yang beredar di pasaran terbagi 3 jenis yaitu: laser jet, dot matrik jet, dan inkjet. Sesuai namanya maka printer inkjet sendiri menggunakan tinta yang disuntikan ke dalam tabung tintanya sebagai pewarnaan. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Penggunaan printer inkjet di berbagai kebutuhan

  1. Teknologi

Inkjet printer menggunakan tinta sebagai bahan pewarnaan yang di injeksi dengan teknologi “dor on demand”. Hal ini memungkinkan printer melakukan penyemprotan melalui titik-titik nozzle dalam lubang pipa berukuran mini.

Selain itu pengembang telah menambahkan penggunaan energi panas yang mampu membuat mendorong tinta lebih kuat saat melakukan pencetakan. Suhu panas akan lebih mampu menekan nozzle lebih baik, sehingga tidak heran jika kualitas yang dihasilkan sangat tajam dan akurat.

  • Fungsi

Tidak hanya digunakan di perkantoran untuk mencetak dokumen, saat ini printer jenis inkjet juga tersedia dalam ukuran besar. Hal ini memungkinkan penggunaannya dapat meluas tidak hanya mencetak kertas HVS namun juga mampu mencetak beragam data besar lainnya.

Printer ini pun sangat cocok digunakan pada penyedia jasa percetakan atau advertising. Harga printer inkjet sendiri sangat beragam, bergantung dari ukuran serta kemampuannya dalam melakukan pencetakan dalam sehari.

  • Resolusi

Printer tipe inkjet saat ini bahkan telah mampu memberikan ketajaman hasil dengan resolusi hingga 5760x1440ppi. Dengan tingkat tersebut, otomatis hasil cetaknya sangat tajam dan akurat bahkan untuk mencetak foto dan gambar sekalipun.

Keuntungan memakai inkjet printer

  • Kualitas foto

Keunggulan printer inkjet yang pertama dapat dilihat dari segi kualitas. Printer ini mampu memberikan hasil cetakan yang sangat tajam sehingga data terlihat lebih mewah dan berkualitas.

  • Harga terjangkau

Dibanding tipe matrik jet atau dot jet, printer jenis inkjet lebih murah dan terjangkau. Brother memiliki berbagai varian harga untuk jenis printernya sehingga pengguna dapat menyesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan.

  • Cepat

Printer jenis inkjet menawarkan proses pencetakan yang cepat dengan hasil maksimal. Sehingga pengguna tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mendapatkan hasil data cetakannya.

  • Praktis

Pengguna dimudahkan mencetak foto, karena ada beberapa printer tipe inkjet yang menyediakan sambungan langsung ke media card atau digital kamera. Sehingga tidak perlu ribet lagi melakukan instalasi atau sambungan tertentu hanya untuk mencetak momen terbaik pengguna pada kameranya.

  • Mendukung sharing printer

Tidak perlu membeli banyak printer untuk masing-masing perangkat, karena inkjet printer mendukung penggunaan sharing printer secara optimal. Cukup melakukan instalasi jaringan LAN sekali, maka perangkat-perangkat tersebut dapat disambungkan ke dalam printer.

Printer inkjet memang sangat cocok digunakan baik skala kecil atau pun besar seperti pada industry advertising. Begitu pula jika Anda memilih printer merk Brother jenis inkjet, ada banyak fitur unggulan yang bisa dimanfaatkan. Jadi, jangan ragu memakai printer tipe ini.

Sumber: brother.co.id