Bikin Pestisida Nabati Daun Sirih dengan Pemanas Air Solar

0
50
views
sumber: google.co.id

Sirih (Piper betle) dan pemanas air solar rupanya dapat diciptakan menjadi pestisida. Tentunya pestisida ini lebih aman dan natural dibanding penggunaan zat kimia. Intip metode buatnya yang sangat gampang ini dan dapat dikerjakan sendiri di rumah!
Metode memilih daun sirih yang sesuai untuk pestisida
Untuk membuat pestisida, pilihlah daun yang sudah agak tua (bukan kering). Daun tua yang sudah mature sempurna mengandung zat yang kuat. Dengan memakainya, pestisida yang diciptakan akan lebih pekat. Pemanfaatannya bahkan akan optimal.
Cara mengolah daun sirih menjadi pestisida, dapat dibantu dengan pemanas air surya. Pemanas air ini dapat membuat air panas dengan pesat. Sehingga membuat pestisida natural tidak terlalu memakan waktu lagi.
Keunggulan pestisida nabati dibanding buatan

  1. Ramah lingkungan
    Pestisida natural lebih gampang terurai menjadi format lain di lingkungan. Penggunaannya tidak akan mencemari alam. Lingkungan akan lebih sehat dengan pestisida ini
  2. Hama tidak kebal
    Pestisida buatan cenderung membuat hama menjadi resisten. Sehingga takarannya wajib ditingkatkan tiap-tiap waktu. Pemakaian pestisida daun sirih tidak meningkatkan resistensi hama. Jadi tidak perlu ditambah konsentrasinya.
  3. Tanaman aman dikonsumsi
    Senyawa racun pada pestisida natural lebih gampang terurai. Hal ini berarti bahwa tidak akan meninggalkan bekas residu. Tanaman bahkan lebih aman dikonsumsi.
    Metode membuat pestisida sirih pemanas air solar
    • Tumbuk daun sirih, daun lagundi, dan daun tembakau masing-masing 1kg. Sesudah lembut, campur dengan air kelapa. Aduk rata.
    • Peras campuran hal yang demikian menggunakan kain, hingga menyisakan sari patinya saja.
    • Siapkan 500ml air panas dari pemanas air matahari, usulan 0.5 ons gambir lalu aduk rata hingga terlarut. Saring dengan kain.
    • Campur sari gambir dengan perasan daun tadi. Aduk hingga terlarut sepenuhnya.
    • Usulan pestisida ke dalam jerigen. Siap digunakan.
    Metode menggunakan pestisida sirih natural
  4. Usulan 500ml cairan pestisida ke dalam 10L air bersih. Sesudah tercampur sempurna, tuang dalam tangki semprot.
  5. Lakukan penyemprotan dari komponen pucuk atas tanaman. Lanjut hingga ke bawah daun tanaman. Pestisida ini ampuh membasmi larva dan kutu.
  6. Untuk hasil yang optimal, semprotkan 2x seminggu. Karenanya hasilnya, tanaman akan jauh lebih subur dan terbebas dari hama.
    Kandungan sirih racun insekta
    Bahan aktif alkaloid sirih cakap menekan laju hama. Zat ini akan menghambat pertumbuhan serta mematikan hama.
    Selain itu kandungan minyak atsiri yang menyengat juga tidak disukai hama. Aroma ini mematikan fungsi detektor penciuman hama. Sehingga tidak menyadari makanan di hadapannya. Adanya terpenolik, dan fenolik juga berkontribusi dalam pemberian aroma kuat sirih.
    Senyawa tannin pada sirih, membuat tanaman berasa sepat dan pedas. Hama jadi enggan memakannya.
    Menurut hasil penelitian, sirih sangat efektif memberantas hama ulat sayuran. Penggunaannya akan mengoptimalkan hasil panen petani. Sayuran bahkan lebih aman dikonsumsi, sebab tidak meninggalkan residu.
    Menerapkan pestisida sirih pemanas air solar, selain efektif juga sangat aman. Kontribusi ini sangat besar artinya bagi lingkungan. Dukung gerakan cinta bumi dengan menggunakan bahan-bahan natural.

Sumber: intisolar.com