Cara Pilih Pipa Untuk Pemanas Air Tenaga Matahari

0
45
views
sumber: google.co.id

Telah menjadi komponen dari gaya hidup modern, sekarang mengaplikasikan pemanas air kekuatan sang surya di rumah bukan lagi hal yang asing. Malahan cara kerja pemasangannya malahan terbilang cukup gampang seandainya Anda mengenal metode-caranya. Melainkan, sebelum memasang pemanas air, ada bagusnya Anda pelajari dahulu metode memilih pipa pemanas yang ideal sebagai berikut.
Metode memilih pipa untuk pemanas air kekuatan sang surya

  1. Kenali Karakteristik Pipa
    Ada bermacam macam karakteristik pipa yang dipasarkan di pasaran. Sebab pipa hal yang demikian diaplikasikan untuk aliran air panas, jadi Anda tak boleh sembarang memilih. Itulah sebabnya betul-betul penting untuk mengenal karakteristik pipa yang akan diaplikasikan nantinya.
    Kecuali itu, pemilihan pipa yang ideal juga akan betul-betul berakibat kepada aliran air yang akan dikeluarkan. Supaya aliran air panas optimal, hindari pemakaian pipa macam PVC, karena pipa hal yang demikian tak sanggup membendung air panas. Justru pipa PVC akan meleleh menjadi elastis sebab bahannya tak sanggup membendung temperatur air yang tinggi.
    Tipe pipa tepat yang dapat Anda pakai merupakan pipa HDPE dan pipa PPR yang dikala ini banyak diaplikasikan oleh pemilik pemanas air kekuatan solar. Malahan macam pipa hal yang demikian telah dapat Anda peroleh secara gampang di pasaran.
    • Keunggulan Pipa HDPE
    Pipa HDPE merupakan macam pipa yang lentur dan mempunyai sifat elastis. Malahan sebab betul-betul elastis pipa HDPE dapat digulung. Meski demikian itu, untuk kwalitas pipa macam ini tak diragukan sebab sanggup menghadapi temperatur tinggi air panas maupun temperatur rendah air dingin.
    Pipa HDPE juga telah mempunyai akta SNI, bersifat aman, dan bendung kepada karat. Bahan plastiknya juga tak berbisa sehingga sesuai diaplikasikan untuk mengalirkan air konsumsi di rumah.
    Tidak cuma sesuai untuk aliran air panas, pipa HDPE juga betul-betul sesuai diaplikasikan untuk aliran air dingin bertekanan. Sebab kualitasnya betul-betul baik, pipa HDPE dapat diaplikasikan sampai 50 tahun. Tidak cuma diaplikasikan di rumah, pipa ini juga lazim diaplikasikan untuk instalasi hotel, rumah sakit, dan daerah-daerah besar lainnya.
    • Keunggulan Pipa PPR
    Pipa PPR merupakan macam pipa yang sanggup membendung temperatur air supaya konsisten stabil. Tidak cuma itu, pipa PPR juga sanggup membendung temperatur panas supaya konsisten tepat untuk menyalurkan air panas. Dengan kecakapan insolasi, pipa PPR tak membutuhkan lapisan lagi.
    Telah mempunyai standar internasional, pipa PPR mempunyai dinding yang licin supaya tak memunculkan kotoran yang mengendap dan kwalitas air lebih higienis. Dengan demikian itu air dapat seketika diminum.
    Kecuali kuat dan bendung bocor, pipa PPR juga sanggup membendung temperatur air panas sampai 260 derajat Celsius. Juga bendung erosi, jadinya Anda tak perlu kuatir sebab pipa dapat diaplikasikan sampai 50 tahun lamanya.
    Tidak cuma itu, pipa PPR juga terbuat dari bahan yang dapat didaur ulang. Jadinya pemakaian pipa pemanas air kekuatan surya jauh lebih aman dan ramah lingkungan.
    Itulah tadi metode memilih pipa untuk pemanas air tenaga matahari di rumah. Sebelum memasang pemanas air, sebaiknya tentukan macam pipa yang mau Anda pakai supaya pemakaian pemanas lebih optimal.