Harga Printer dan Beda Printer Thermal vs Printer Biasa

0
81
views
sumber: google.co.id

Melihat harga printer thermal bluetooth mahal sekali-sekali membuat orang gatal memilikinya, apalagi kalau sales promotion menawarkan sejumlah kelebihan. Namun sebelum membeli ingat kembali tujuan mempunyai printer sehingga dapat menemukan produk yang pas untuk mendukung kebutuhan cetak data.
Perbedaan printer thermal bluetooth dengan printer umum

  1. Pemanfaatan panas
    Pantas namanya “thermal” yang berarti panas, maka printer ragam ini memakai temperatur tinggi untuk menciptakan cetakan di atas kertas. Cara kerjanya dilakukan dengan merubah gulungan kertas menjadi gelap untuk membuat tulisan.
  2. Tidak perlu tinta
    Penggunaan panas yang dapat merubah kertas putih menjadi gelap ini membuatnya tidak membutuhkan tinta atau toner untuk mencetak. Jadi otomatis akan lebih menghemat tarif.
  3. Ukuran
    Umumnya printer thermal bluethoot tersedia dalam ukuran kecil sehingga gampang dibawa ke mana-mana. Namun ada juga yang besar misalnya pada industri-industri tertentu.
  4. Printer berisik
    Bila diperhatikan saat kasir mencetak setruk pembayaran, pelanggan dapat mendengar bunyi cetakan dari printer ini. Memang walaupun harga printer 2022 yang dibeli mahal, printer ini memang berisik, pun lebih berisik dibanding printer dotmatrix dan inkjet.
  5. Fungsi
    Pantas ukurannya printer ini dikhususkan untuk mencetak karcis masuk, setruk pembayaran, nomor antrean, label barcode, dan lain-lain. Maka tidak mengherankan kalau printer satu ini kerap kali ditemukan di kasir dan loket.
    Memilih Harga Printer Thermal Bluetooth Terbaik
    Harga thermal printer sebetulnya sama saja dengan printer umum, tergantung dari merek dan fiturnya. Karena printer therma di pasaran pun tersedia dari harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah.
    Adapun cara memilih printer terbaik, tidak cuma dapat diperhatikan dari harganya saja, tapi juga:
  6. Kenali jenisnya
    Terdapat dua ragam printer thermal bluetooth adalah:
    • Direct thermal
    Cara cetak data lantas dari kepala printer ke thermal transfer tanpa perantara.
    • Thermal transfer
    Cara cetak dari printer head ke thermal memakai perantara berupa pita untuk media transfer.
  7. Membeli berdasarkan kebutuhan
    Belilah printer berdasarkan kebutuhan dan fungsinya, karena tiap ragam sudah mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bila dipakai dalam rentang waktu lama lebih dari setahun dapat memilih thermal transfer yang lebih awet.
    Walaupun kalau dipakai sejenak misalnya cuma pada saat event-event tertentu saja dapat memilih direct thermal. Hal tersebut karena umumnya umur printer ini pendek tidak lebih dari enam bulan.
  8. Melihat anggaran
    Sesuaikan harga printer thermal bluetooth dengan anggaran yang dimiliki. Bila budget terbatas, dapat memilih printer dengan harga murah. Namun jangan asal murah karena cemas kualitasnya rendah jadi pilihlah printer original seperti merk Brother yang sudah terbukti mutunya.
  9. Menyesuaikan ukuran kertas
    Pada umumnya terdapat dua ragam printer thermal yang disesuaikan dengan ukuran kertasnya adalah berukuran 80mm dan 58mm. Jadi pilih ukuran yang layak dengan kebutuhan dan efisiensi pemakaiannya saja.
    Bagus direct thermal maupun transfer thermal sama-sama mempunyai keunggulan dan kelemahannya. Namun belilah dengan arif layak harga printer yang sudah dianggarkan. Lebih penting lagi untuk selalu membeli produk original sehingga pembeli mendapatkan garansi kalau kalau terjadi kerusakan atau ketidaksesuaian barang.

Sumber: brother.co.id