Jenis-jenis AC Dari Floor Standing Sampai Split Duct

0
18
views
sumber: google.co.id

Ada banyak sekali ragam-ragam AC di pasaran sana, padahal sebagian masyarakat berpendapat jika segala ragam AC sama segala. Nyatanya ada beraneka ragam AC yang disesuaikan dengan daya dan kapasitasnya.
Mungkin selama ini ragam AC yang Anda kenal hanyalah AC rumahan atau kantor. Lebih dari itu, ada banyak ragam AC yang mungkin belum Anda kenal. Apa saja itu? Berikut penjelasannya.
Daftar ragam-ragam AC
• AC Floor Standing
AC floor standing umumnya digunakan untuk skala kecil sampai menengah. Tipe AC ini cenderung lebih ringkas karena cuma mempunyai satu unit saja di indoor. Bahkan penerapan AC floor standing malahan terbilang sederhana dan tak ribet.
Cara kerja AC ini adalah dengan menggunakan air untuk menciptakan udara dingin. Jadinya di dalam AC akan ada tank untuk menampung air hal yang demikian. Tidak heran jika AC floor standing menjadi ragam AC yang paling sederhana dan unik.
• AC Split Wall
Tipe-ragam AC ruangan yang berikutnya adalah AC split wall. AC ragam ini umumnya digunakan untuk kantor atau rumah dengan skala kecil sampai menengah.
Berbeda dari AC floor standing, AC split wall mempunyai dua unit indoor dan outdoor. Pada komponen unit outdoor berisi kompresor sebagai komponen utama dari AC split wall.
AC ragam ini bekerja dengan metode memompa freon menuju koil pendingin dengan metode via saluran yang terhubung dengan pipa. Dan nantinya, pipa-pipa itulah yang akan menghubungkan unit outdoor dan indoor pada AC.
• AC Central
Lazimnya AC central digunakan di kawasan dengan skala besar seperti universitas, hotel, rumah sakit, atau mall. AC central adalah ragam AC yang tak dapat dinonaktifkan atau dihidupkan secara sembarangan. Sebab sebagian AC akan saling memberi pengaruh.
Cara kinerjanya malahan tergolong rumit, karena udara dari ruangan yang sudah dingin akan terproses di cooling pant luar ruangan. Barulah berikutnya udara yang sudah dingin tadi akan masuk ke dalam ruangan yang terpasang AC central.
• AC Casette
AC casette adalah ragam AC yang mempunyai bentuk kotak dengan ruas-ruas, umumnya AC casette di pasangan di plafon ruangan rapat atau kantor premium yang besar.
Tipe AC casette terbilang elegan karena dipasang di langit-langit ruangan. Untuk instalasinya terdapat dua, adalah indoor dan outdoor. Sehingga proses instalasinya juga terbilang rumit dibandingkan dengan AC ragam yang lain.
• AC Inverter
Ada banyak sekali beraneka ragam-ragam AC yang dijual di pasaran sana. Melainkan salah satu ragam AC yang paling awam adalah AC inverter.
Tidak jauh beda dengan AC split wall, cuma saja metode yang digunakan AC inverter menggunakan system inverter. Keunggulan dari metode inverter adalah dapat memegang kecepatan kompresor ketika digunakan untuk mengalirkan freon ke AC.
Itulah sebabnya AC inverter terbilang AC yang hemat daya dan ramah lingkungan. Jadi tak heran jika ragam AC ini acap kali dipasang di rumah ataupun daerah usaha skala kecil menengah.
• AC Split Duct
AC split duct seringkali tak nampak karena peletakannya di komponen langit-langit atau tembok yang tertutup. Meski tertutup, AC ini sanggup memberikan rasa teduh pada ruangan.
Cara kerja AC split duct adalah dengan metode mendistribusikan udara dingin ke segala ruangan. Bagi Anda yang ingin menggunakan AC namun tak ingin nampak, AC ragam split duct adalah pilihan yang tepat.
Itulah tadi ragam-ragam AC yang seharusnya Anda kenal sebelum membeli AC. Kalau Anda berminat menggunakan AC, sebaiknya perhatikan dahulu untuk apa AC hal yang demikian. Kalau sudah, barulah Anda dapat memastikan ragam AC mana yang sesuai untuk dibeli.

Sumber: acwahana.com