Sharing Printer Macet? Ini Solusi Membuatnya Connect Lagi!

0
42
views
sumber: google.co.id

Mengaplikasikan satu printer untuk banyak perangkat memang sungguh-sungguh menguntungkan dan praktis. Tapi sekali-sekali ketika sharing printer mengalami gangguan pada koneksi jaringan LAN. Untuk itu pengguna wajib tahu langkah-langkah apa saja yang bisa diterapkan supaya jaringan kembali terkoneksi dan printer bisa kembali diterapkan.
6 Solusi seandainya sharing printer macet

  1. Periksa ketersediaan tinta
    Langah pertama dikala printer mengalami kendala yakni ketersediaan tinta yang mungkin saja habis sehingga daya kerjanya menjadi tak optimal. Lakukan pengecekan rutin kepada volume tinta supaya selalu terisi penuh dan siap diterapkan.
  2. Periksa kembali lokasi mencetak
    Sebab menerapkan jaringan nirkabel, dapat saja terjadi kesalahan pengguna dalam mengeklik nama printer yang hendak diaplikasikan. Kali terjadi human error dimana sesungguhnya data tercetak di printer lain yang tak sengaja dipilih. Untuk itu amati nama printer pada device komputer untuk menghindari kekeliruan semacam ini.
  3. Periksa kabel LAN dan Wifi
    Tak menutup kemungkinan pengguna acap kali lupa bahwa sharing printer online yang diaplikasikan terhubung via jaringan Wifi. Sehingga membikin ketiadaan signal kerap kali menghalangi cara kerja pencetakan data.
    Pertama pastikan komputer telah tersambung dengan dunia maya yang ditandai menyalanya icon Wifi di pojok kanan bawah. Seandainya rupanya gangguannya ada pada jaringan, karenanya lakukan restart pada modem Wifi, kemudian koneksikan kembali dengan memasang kata sandi yang benar. Kalau Wifi konsisten tak menyala, bisa melaporkan hal ini pada Costumer Service operator Wifi sehingga bisa seketika diberi respons.
  4. Cek print spooler
    Print spooler bertugas mendapatkan data dari komputer yang akan dicetak ke printer. Kalau dokumen yang dicetak oleh printer terlalu banyak, karenanya print spooler akan memberikan notifikasi bertuliskan “Print queue” yang mengindikasi bahwa printer macet.
    Sharing printer tak dapat connect juga lazimnya disebabkan error system. Dimana kadang terjadi ada lebih dari satu komputer yang menjalankan cetak data secara berbarengan. Dapat juga disebabkan sebab tiba-tiba kertas tersangkut.
    Seandainya telah seperti itu lakukan restart pada print spooler. Sistem restart berbeda-beda setiap metode operasi. Untuk windows lazimnya dengan menekan tombol “Window + R” sampai keluar menu “Runs”. Lalu cari menu “Printer spooler” di kiri lalu klik “Restart”. Karenanya cara kerja restart akan berjalan.
  5. Restart komputer
    Langkah akurat lainnya yakni menjalankan restart pada perangkat komputer pengguna. Komputer yang diterapkan sebagai induk akan berfungsi normal kembali pasca restart.
    Hal ini juga akan membenarkan error pada metode server yang mungkin saja terjadi sebab terlalu banyak komputer client yang dilayani. Sehingga metode akan dikembalikan ke permulaan lagi dengan keadaan yang lebih prima dan siap mendapatkan instruksi baru.
  6. Update Metode Operasi
    Seandainya masih printer sharing belum juga berfungsi normal, dapat juga dikarenakan metode operasi perangkat lebih-lebih komputer induk telah kadaluwarsa metode operasinya. Sehingga memerlukan langkah update ke operating system versi terkini.
    Metode operasi yang diterapkan pada perangkat wajib sejajar dan adaptable dengan metode printer.
    Perangkat yang tak berfungsi sebagaimana mestinya memang dikarenakan bermacam-macam variasi elemen bagus internal berkeinginan malahan eksternal. Sehingga penting untuk selalu menjalankan perawatan supaya printer bisa berprofesi maksimal. Dan pilihlah merk printer terbaik yang tak gampang macet, umpamanya seperti printer Brother.

Sumber: brother.co.id