Tips Memasang Pemanas Air Solar untuk Pemula yang Benar

0
36
views
sumber: google.co.id

Selain memilih jenis pemanas air solar yang ideal, hal lain yang sepatutnya Anda perhatikan yaitu progres pemasangan pipa pemanas. Pelaksanaan pemasangan pipa pemanas ini tentunya tidak boleh dilakukan sembarangan karena progres pemasangan haruslah aman. Selain itu, pemilihan jenis pipa yang ideal juga akan mempengaruhi akibatnya. Seandainya Anda masih bingung, berikut ada sebagian tips memasang pipa yang aman.
Kiat memasang pipa pemanas air solar yang aman

  1. Mempertimbangkan Jalur Instalasi
    Langkah pertama yaitu menetapkan lokasi instalasi pipa pemanas air. Saat menetapkan titik instalasi pipa Anda sepatutnya memperhitungkan jara pipa dengan jarak ketinggian tandon air. Tujuannya supaya aliran air pada pemanas air kian lancar. Seandainya kian kompleks trek pipa yang Anda buat, karenanya akan kian banyak juga pipa yang digunakan.
  2. Membongkar Dinding
    Pelaksanaan pemasangan pipa pemanas air surya terbilang cukup kompleks karena sepatutnya membongkar dinding sedalam 3 cm untuk memasukkan pipa. Supaya pipa tidak muncul nantinya dinding sepatutnya diplester. Untuk di bagian kamar mandi juga sepatutnya diwujudkan trek instalasi khusus dari pipa air dingin dan air panas. Setiap instalasi pipa pemanas air dapat Anda pakai untuk 2 kamar mandi.
  3. Memasang Perangkat Pipa
    Perangkat pipa yang sepatutnya dipasang yaitu cincin, elbow, cincin, dan mur tahan panas dengan bahan kuningan. Saat progres pemasangan perangkat pipa sepatutnya dirakit dengan benar-benar kencang. Setelah itu tempelkan pipa di dinding yang telah diungkap tadi kemudian kencangkan dengan paku atau klem supaya tidak goyah.
  4. Memasang Pipa Air Dingin
    Selanjutnya yaitu memasang pipa air dingin dengan cara memotong pipa yang layak dengan ukuran. Kemudian lantas sambungkan saja dengan elbow. Untuk ukuran pipa air dingin dapat Anda sesuaikan dengan keperluan dan trek instalasi pipa pemanas.
    Seandainya telah selesai, lantas benamkan pipa air dingin tadi ke trek instalasi pipa air panas. Pastikan juga kalau pipa tersebut tidak goyah ataupun bergerak sama sekali. Setelah itu tahan dengan menggunakan paku seng atau klem.
  5. Memasang Keran
    Keran air panas dapat Anda letakkan di mana saja layak dengan keperluan. Asalkan letak keran air panas ini berjarak 15 cm dari pipa keran. Dengan demikian itu aliran pemanas air sang surya di keran tidak akan terganggu.
  6. Memasang Pemanas Air
    Seandainya seluruh progres di atas tadi telah Anda lewati dengan bagus karenanya langkah terakhir yaitu memasang pemanas air di tempat yang telah diatur. Setelah itu plester bagian dinding yang telah diungkap tadi.
    Seandainya tadi tips memasang pipa pemanas air solar bagi pemula. Seandainya Anda tidak dapat memasang sendiri, sebaiknya pakai jasa instalasi pemanas air sah yang telah ditawarkan oleh kios. Dengan demikian itu progres pemasangan pipa akan jauh lebih aman dan kencang.