Jenis, Bahan dan Desain Seragam Kerja PDH/ PDL

0
11
views
sumber: google.co.id

Seragam kerja PDH/ PDL sering kali diterapkan oleh perusahaan swasta atau perusahaan instansi pemerintah. Seragam PDH/ PDL yaitu ragam pakaian seragam yang memang didesain khusus dan juga disesuaikan dengan fungsi yang ada. Kenali lebih dalam mengenai seragam kerja yang satu ini, dengan pembahasan berikut.
Mengenal lebih dalam seragam kerja PDH/PDL

  1. Jenis Bahan
    Yang pertama yang akan dibahas mengenai seragam PDH/ PDL yaitu ragam bahannya. Untuk seragam PDL lazimnya dibuat dari bahan yang lebih tebal, dibanding dengan seragam PDH yang lebih tipis. Jenis seragam PDL lazimnya diterapkan untuk kebutuhan pekerjaan lapangan atau kegiatan di luar ruangan.
    Jenis seragam PDL yang dibuat juga seharusnya disesuaikan dengan keadaan yang ada di lapangan. Jenis kain yang lazimnya dimanfaatkan untuk seragam PDL yaitu American, katun twill, drill Japan atau poliester blend. Tak hanya tebal namun bahan pada seragam PDL agak bertekstur dan lebih kuat.
    Jenis seragam kerja PDH/ PDL ini memang dibedakan dari ragam bahan yang diterapkan. Karyawan yang mengenakan seragam PDH lazimnya yaitu mereka yang banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan. Karenanya ragam bahan yang dipilih malahan jangan yang terlalu tebal dan memiliki permukaan yang lebih halus.
    Jenis kain yang banyak dimanfaatkan untuk membikin seragam PDH yaitu poliester blends dan kain katun.
  2. Warna Seragam
    Pemilihan warna pada seragam PDH/ PDL bergantung pada undang-undang yang ada di setiap instansi/perusahaannya masing-masing. Lazimnya seragam PDL dipilih warna gelap dan tidak mencolok. Tujuannya yaitu agar hal itu tidak mengganggu penampilan atau penglihatan pekerja yang menerapkannya.
    Tujuan lain dari pemilihan warna gelap yaitu untuk menipu orang lain. Contohnya pada seragam TNI/ Polri yang cenderung menggunakan warna-warna gelap, agar mereka dapat terhindar dari serangan musuh.
    Lengan pakaian pada seragam PDL juga akan dipasang kancing dan tali, agar dapat digulung saat melakukan pekerjaan di luar ruangan. Sebab menggunakan lengan panjang saat bekerja adakalanya agak risik atau tidak nyaman, khususnya untuk pekerjaan yang melibatkan fisik.
    Sama halnya dengan seragam kerja PDH/PDL wanita, yang juga dipasangkan kancing/ tali. Seragam PDH lazimnya menggunakan ragam desain yang simpel dan warna yang juga simpel. Supaya tampak nyaman saat dikenakan dan memberi kesan profesional bagi si pekerja.
  3. Desain Baju
    Hal lainnya yang juga perlu Anda kenal dari seragam PDH/PDL yaitu desainnya. Baju PDH tentu dibuat dengan lebih stylish sekaligus elegan, sebab akan diterapkan di sekitar kantor. Sehingga karyawan yang mengenakannya seharusnya senantiasa tampak rapi sekaligus formal.
    Sedangkan pada pakaian seragam PDL dibuat dengan banyak tambahan saku, fungsinya untuk menaruh benda-benda penting saat bekerja di lapangan.
    Sesudah mengetahui lebih dalam seragam kerja PDH/ PDL di atas, kini Anda telah dapat membedakan kedua ragam seragam hal yang demikian.

Sumber: henryadams.co.id