Berapa Harga Bangunan Modular di Pasaran?

0
76
views
sumber: google.co.id

Bangunan modular atau rumah modular adalah kebutuhan dasar yang perlu dimiliki oleh tiap individu. Tetapi untuk memenuhi kebutuhan dasar tersebut ketika ini telah cukup susah dikarenakan harga dari hunian atau properti yang juga cukup mahal. Bahkan harganya bisa saja naik tiap harinya. Kesudahannya Anda juga mesti menyiapkan budget atau tarif yang banyak mungkin sekitar sebagian ratusan juta.
Akan melainkan situasi sulit tersebut bisa Anda atasi sekiranya memakai hunian dengan konsep prefabrikasi. Bahkan anggaran awal Anda bisa dipangkas sampai 50% dengan pemakaian hunian prefabrikasi ini. Material yang digunakan menghasilkan tarif atau harga dari rumah prefabrikasi akan lebih relatif murah diperbandingkan dengan harga rumah konvensional.
Pekerjaan ini dikarenakan material atau bahan-bahan untuk pembuatan bangunan modular prefab tersebut dihasilkan di pabrik secara masal atau dalam jumlah yang banyak sekaligus. Harga yang ditawarkan untuk rumah prefabrikasi bisa mulai puluhan juta saja. salah satu umpamanya adalah rumah “Risha” yang adalah rumah prefab dari Kementerian Awam Selain dan Perumahan Rakyat.
Pembangunan rumah “Risha” ini sesungguhnya memakai konsep knock down atau modular. Konsep ini akan menggabungkan panel beton dengan baut ketimbang memakai semen dan bata.
Dua material tersebut mempunyai harga yang cukup relatif murah diperbandingkan pemakaian bata dan semen. Komponen itu penggunaannya juga tidak akan memunculkan sisa bahan material bangunan yang bisa menjadi sampah lingkungan.
Berapa harga bangunan modular?
Rumah modular tersebut dibangun dengan tipe 33. Untuk harga panelnya sendiri sekitar:
• Komponen P1 senilai Rp 90.000 per meter persegi.
• Komponen P2 senilai Rp 100.000 per meter persegi.
• Komponen P3 senilai Rp 110.000 per meter persegi.
• Panel kusen senilai Rp 50.000 per meter persegi dan
• Panel dinding senilai Rp 160.000 per meter persegi
Untuk pembangunan rumah Risha sendiri dibutuhkan modul dengan ukuran 3 x 3 m. Dalam tiap modulnya akan terdiri atas 24 komponen P3,8 buah komponen P2 dan 8 buah komponen P1.
Selain segala komponen tersebut dikalikan dengan masing-masing harga komponen per satuan meter perseginya karenanya jumlah tarif yang dibutuhkan untuk membangun bangunan modular instan tersebut hanya sekitar 4 jutaan saja. Komponen itu juga ada rincian kebutuhan panel untuk rumah Risha 33 seperti:
• Panel struktur yang berisi komponen P1, P2, P3 dengan luas 142 m2.
• Panel kusen 44m2.
• Panel dinding 44m2.
• Kalau lainnya seperti kaca, atap, sanitasi dan lainnya.
Selain ditotal secara keseluruhan, karenanya tarif yang dibutuhkan untuk membangun bangunan modular untuk rumah yang utuh bisa sekitar 50 jutaan saja. Pekerjaan ini tentu saja akan lebih relatif murah diperbandingkan tarif yang mesti Anda keluarkan sekiranya memakai rumah konvensional. bangun rumah modular? Hubungi saja http://sanwaprefab.co.id/ untuk beritanya!

Sumber: sanwaprefab.co.id