Jenis Gangguan Kecanduan dan Berbagai Efeknya Untuk Kesehatan

0
152
views
sumber: google.co.id

Gangguan kecanduan kongkritnya juga erat hubungannya dengan kesehatan mental seseorang. Gangguan ini umumnya disebabkan zat-zat seperti obat-obatan, alkohol ataupun senyawa kimia lainnya yang mampu mengubah pola pikir seseorang. Hal ini disebabkan pula dengan dosis yang sembarangan tanpa pengawasan dari dokter yang berwajib dalam menanganinya.

Variasi dan efek pada gangguan kecanduan

1.            Variasi-macam obat yang menyebabkan kecanduan

Ada macam obat tertentu dimana ketika metode konsumsinya tidak layak undang-undang atau malahan dikonsumsi tanpa ada rekomendasi dari dokter akan menyebabkan kecanduan yang berkepanjangan seperti macam berikut ini:

•             Halusinogen

Pantas dengan namanya obat ini akan memberikan perubahan pola pandang seseorang kepada duniawi dan juga sensasi perasaan mereka. Semisal dapat berupa LSD dan magic mashroom.

•             Rangsang

Untuk yang satu ini mampu memberikan stimulasi pada seseorang merasa berbahagia dan semangat. Semisal dapat berupa kokain dan kafein.

•             Opioid

Selanjutnya zat ini mampu memberikan efek seseorang merasakan euforia. Semisal seperti morfin dan heroin.

•             Depresan

Zat ini mampu memberikan rasa hening pada seseorang yang mengonsumsinya. Semisal ganja dan alkohol.

2.            Efek gangguan kepada mental

Efek kecanduan dan kesehatan mental kongkritnya memang betul-betul serius dan perlu utnuk diwaspadai. Zat-zat ini memang mampu memberikan rasa hening, nyaman dan berbahagia tapi hanya sementara dan akan hilang ketika dosisnya dalam tubuh sudah habis. Umumnya untuk menerima perasaan yang sama seseorang akan mengulangi tradisi ini terus-menerus tanpa dapat berhenti.

Kongkritnya hal ini akan berdampak buruk pada tanggapan otak dan kecakapan otak dalam mengolah perasaan dalam diri manusia yang sesungguhnya malahan kecakapan otak dalam hal menjalankan kegiatan sehari-jari. Pengaruh ini akan merambah pada penurunan kekuatan ingat, fokus dan juga dalam memecahkan tugas-tugas seperti umumnya.

Penggunaan dalam rentang panjang juga akan memberikan efek samping pada perilaku pengguna dan juga pola kegiatan yang kurang terkontrol. Hasilnya dapat berupa berubahnya pola tidur menjadi tidak teratur dan meningkatkan kadar stres pada diri manusia.

3.            Efek ketika berhenti mengkonsumsi

Berhenti dari kecanduan dari kecanduan ini adalah suatu pilihan yang ideal dengan tidak langi mengkonsumsi zat-zat yang sudah dimaksud. Namun ada beberapa hal yang perlu dikenal ketika seseorang berhenti mengkonsumsi obat akan mengalami beberapa gejala rentang pendek.

Gejalanya dapat berupa sebagai berikut ini:

–              Gejala ringan yang dialami:

•             Pola tidur yang tidak beraturan

•             Kepala terasa sakit

•             Emosi yang sulit dibatasi termasuk perubahan perasaan pada diri manusia.

•             Rasa mual yang berlebihan

–              Gejala berat yang dialami:

•             Demam tinggi

•             Rasa takut yang berlebihan

•             Adat mengigau

4.            Perbuatan penanggulangan yang dapat dikerjakan

Untuk berhenti pada tradisi kecanduan ini Anda dapat menjalankan kegiatan yang lebih positif dengan mengutamakan komitmen untuk benar-benar terlepas dari obat-obatan terlarang hal yang demikian. Jangan lupa untuk memeriksakan kesehatan Anda pada dokter untuk mengetahui kesehatan organ ataupun kesiapan mental Anda.

Itulah beberapa hal terkait gangguan kecanduan dan bermacam-macam efek serta metode memecahkan yang dapat dicoba.

Sumber: temancurhat.com