CARI TAHU PROSEDUR PEMASANGAN AC DENGAN BAIK DAN BENAR

PROSEDUR PEMASANGAN AC YANG BENAR
Tiap pembelian unit AC baru, kebanyakan dari anda pasti memanggil teknisi profesional untuk memasang unit AC baru anda ataupun teknisi dari warung offline ataupun online AC yang anda beli. Tetapi, pernahkah anda penasaran soal SOP atau prosedur operasi standard pemasangan AC Split. Nah pada blog kali ini, kami ingin membahas soal Prosedur pemasangan AC Split untuk anda. Dengan mengenal prosedur ini diinginkan anda bisa mendapatkan pengetahuan soal pemasangan AC sehingga anda mengamati teknisi anda saat sedang melaksanakan pemasangan AC ataupun anda ingin mempraktekkannya di rumah anda.

Perlengkapan dan Bahan Pemasangan AC Split
Sebelum melaksanakan pemasangan AC, teknisi AC pasti memiliki perlengkapan dan bahan yang memudahkan pelaksanaan melaksanakan pemasangan AC. Seandainya anda ingin mencoba pemasangan AC secara mandiri, berikut perlengkapan dan bahan yang anda perlukan:

No Perlengkapan Bahan
1 Bor Unit Indoor-Outdoor
2 Mata bor beton Pipa Tembaga
3 Obeng Plus-Minus Bracket Indoor
4 Kunci Inggris Bracket Outdoor
5 Kunci L 4mm & 5mm Fisher dan skrup
6 Waterpass MCB + box MCB
7 Meteran Duct Tape
8 Cutter tube Pipa PVC
9 Flaring Tool Kabel NYM
10 Reamer
11 Tang Potong

AC SEBAIKNYA DILETAKAN DIMANA
Penempatan AC yang maksimal melibatkan pemasangan pada ketinggian 2-3 meter, tanpa halangan di sekitarnya, menjauhi pintu dan jendela, hindari sinar sang surya seketika, mengamati isolasi termal, dan menyesuaikan dengan desain interior untuk memastikan performa yang efisien dan nyaman.

Tinggi Pemasangannya : AC dianjurkan untuk dipasang setinggi 2 – 3 meter dari lantai untuk memastikan distribusi udara yang baik
Tidak Terhalang : Hindari menempatkan benda-benda di depan atau di sekitar unit yang bisa menghambat aliran udara.
Jarak dari Pintu dan Jendela : Jangan memasang AC terlalu dekat dengan pintu atau jendela untuk mencegah kebocoran udara dingin ke luar dan dampak panas dari luar.
Hindari Tempat yang Terpapar Cahaya Surya Segera : hindari menempatkan AC di tempat yang seketika terpapar sinar sang surya, sebab ini bisa meningkatkan muatan kerja AC dan mengurangi efisiensinya.
Isolasi Termal Ruangan : Pastikan bahwa ruangan memiliki isolasi termal yang baik untuk mencegah kebocoran udara dan menjaga temperatur yang diinginkan.
Pertimbangan Desain Interior : Sesuaikan penempatan AC dengan desain interior ruangan supaya tak mengganggu tata letak furnitur atau dekoratif.
Prosedur Pemasangan AC Split
Sebelum melaksanakan Pemasangan AC, lazimnya teknisi akan melaksanakan pemasangan AC pantas dengan SOP yang telah diatur oleh tokonya. Anda juga perlu tahu bahwa tiap warung AC memiliki SOP yang berbeda-beda. Nah untuk anda yang ingin memasang AC secara mandiri, berikut SOP pemasangan AC yang awam:

Penempatan AC yang Tepat Tepat dan yang Semestinya di Hindari :
Letakkan unit AC yang tinggi dari permukaan lantai untuk mengembangkan sirkulasi udara dan distribusi pendinginan di segala ruangan. Biasanya, tinggi yang dianjurkan yaitu sekitar 2 hingga 2,5 meter dari lantai. Hindari Terlalu tinggi sebab AC tak efektif mendinginkan ruangan atau terlalu rendah menyebabkan Aliran udara terhambat, menyebabkan embun dan jamur. Ditambah Hindari AC Meniup seketika ke orang, elektronik, atau sumber panas dan seketika keluar jendela atau pintu.

Berapa tinggi AC dari lantai dan Berapa jarak Pasang AC dari plafon?
Tinggi AC dari lantai Biasanya ditempatkan sebagian meter di atas lantai untuk memastikan aliran udara yang maksimal. Ketinggian yang awam yaitu sekitar 1,5 hingga 2 meter dari lantai. Jarak pemasangan AC dari plafon Idealnya, ada jarak yang cukup antara unit indoor AC dan plafon untuk memungkinkan sirkulasi udara yang baik. Beberapa besar produsen memberi anjuran jarak minimal sekitar 15-20 cm dari plafon.

Tips Memilih AC Rumah yang Tepat
Berikut yaitu sebagian tips untuk menolong Anda memilih AC yang pantas dengan kebutuhan rumah Anda:

Kapasitas PK AC yang Tepat : konsultasikan atau ikuti tutorial kapasitas AC (diucapkan dalam BTU) untuk memastikan kebutuhan pendinginan yang pantas.
Teknologi AC : Pertimbangkan AC dengan teknologi standard atau inverter yang bisa menyesuaikan memberikan efisiensi daya yang lebih baik.
Kebisingan atau Suara AC : Observasi tingkat kebisingan AC, secara khusus seandainya ruangan Anda membutuhkan lingkungan yang tenang.
Fitur Tambahan : Pertimbangkan fitur-fitur tambahan seperti mode sleep, timer, dan kontrol kelembaban yang bisa meningkatkan kenyamanan dan efisiensi.
Merek dan Kualitas: Pilih AC dari merek yang terpercaya dan memiliki reputasi baik dalam hal kwalitas dan layanan customer service.
Garansi: Periksa garansi dan jangka waktu yang disediakan oleh produsen untuk memastikan perlindungan kepada kerusakan atau situasi sulit yang mungkin terjadi.

  1. Memilih Lokasi Pemasangan AC yang Benar
    Agar posisi Indoor dan Outdoor ideal, anda perlu memilih lokasi yang bisa mengembangkan kerja pada AC anda. Hal yang perlu anda amati saat melaksanakan pemasangan AC yaitu jarak pemasangan AC kepada Plafond, dinding, dan lantai. Berikut jarak ideal yang perlu anda ketahui:
  • Jarak minimal indoor dengan plafon: 15 cm
  • Jarak minimal indoor dengan lantai: 2.5 m
  1. Memasang Bracket Indoor AC
    Setelah memilih lokasi, langkah selanjutnya yaitu pemasangan bracket indoor ac. Nah lazimnya tiap pembelian unit AC baru telah disediakan Bracket AC jadi anda tak perlu membeli lagi. Nah pemasangan Bracket AC ini bisa dipasangkan dengan menggunakan fisher dan sekrup.

Perlu anda ketahui bahwa pemasangan AC ke Bracket AC mesti terpasang rata supaya komponen dalam AC anda tak terjadi kondensasi. Jangan lupa menggunakan waterpass dan membuktikan spot sejalan supaya bracket anda tak miring. Setelah itu, lubangi dinding dengan mata bor beton. Sejajarkan lubang bracket dengan lubang yang telah anda bor lalu masukkan fisher ke lubang dan kencangkan dengan sekrup pantas dengan lubang yang telah dibor.

  1. Membikin Lubang Pipa Indoor
    Langkah selanjutnya yaitu membikin lubang pipa indoor. Lubang ini diaplikasikan untuk lubang pipa tembaga, kabel listrik, dan pipa pembuangan air AC. Posisi lubang pipa indoor standarnya terletak di samping bracket indoor. Anda perlu menggunakan Bor Hollow dalam pembuatan lubang ini. Pembuatan lubang pipa ini mesti dijadikan sedikit miring supaya pembuangan air bisa lancar terbuang keluar. Jangan lupa untuk menutupi lubang di dinding yang telah anda lubangin supaya tak menjadi sarang serangga kecil. Anda bisa menggunakan seal atau semen ntuk menutup sisa lubangn di dinding.
  2. Pemasangan Unit Indoor
    Sebelum melaksanakan pemasangan unit Indoor, anda perlu memasangkan kabel power dan kabel balikan ke outdoor secara khusus dahulu. Kedua kabel tersebut disatukan dengan pipa tembaga, pipa pembuangan lalu di bungkus menjadi satu dengan daktape non lengket. Pastikan dibungkus dengan baik dan benar. Setelah itu, anda bisa memasangkan unit indoor pada bracket yang telah anda kencangkan. Cara memasangkan indoor pada bracket adalag dengan mengangkat unit outdor ke atas kemudian tekan kebawah supaya terkunci

Klik tautan dibawah ini untuk mengenal komponen indoor dan outdoor pada AC :
https://acwahana.com/news/rinci/udah-tahu-belum-komponen-indoor-dan-outdoor-pada-ac

  1. Pemasangan Kabel Power Indoor
    Pada unit indoor AC split terdapat terminal-terminal kabel yang terdiri dari power dan kabel balikan. Caranya, buka penutup terminal pada unit indoor. Pada terminal lazimnya tertera simbol terminal L (Line), N (netral) dan terminal 1 dan 2. Terminal L dan N pada indoor akan dikaitkan ke sumber tegangan listrik PLN. Terminal 1 dan 2 akan disambungkan ke unit outdoor dengan sebuah kabel (istilahnya kabel balikan). Berikan pengaman MCB dari sumber ke kabel input power AC.
  2. Pemasangan Outdoor AC
    Unit AC outdoor yaitu unit kondensasi yang ditempatkan di luar rumah. Unit ini memiliki jeruji logam di komponen atas dan bilah panggangan di sepanjang sisinya untuk memungkinkan udara ditarik ke dalam guna mendinginkan kondensor. Anda perlu mengamati posisi outdoor anda supaya pembuangan panas dari outdoor bisa lancar serta menjaga keawetan ac outdoor anda. Pemasangan Outdoor AC menggunakan dua bracket outdoor dengan dinambol. Pakai waterpass supaya posisi outdoor bisa sejalan dan tak miring. Perlu anda tahu, pemasangan outdoor mesti kencang dan kuat sebab saat outdoor bekerja, outdoor bisa memunculkan getaran yang berasal dari kompresor dan kondensor.
  3. Pemasangan Tembaga AC
    Setelah pemasangan indoor & outdoor, langkah selanjutnya yaitu pemasangan pipa tembaga. Untuk AC split kapasitas ½ PK, ¾ PK dan 1 PK, ukuran pipa tembaga yang diaplikasikan yaitu pipa tembaga 1/4 inch dan 3/8 inch. Semakin besar kapasitas AC, karenanya kian besar pula ukuran pipa yang diperlukan. Berikut yaitu langkah penyiapan pipa tembaga AC:

Potong pipa tembaga pantas dengan kebutuhan panjang pipa antara unit indoor dengan unit outdoor. Haluskan ujung pipa yang telah dipotong dengan reamer.
Kemudian masukkan flare nut secara khusus dahulu sebelum pipa di flaring. Flare nut ini ibarat mur untuk mengencangkan ujung pipa tembaga ke unit indoor atau outdoor.
Lakukan flaring pipa dengan menggunakan alat flaring tool. Flaring yaitu mengembangkan ujung pipa tembaga supaya bisa disambungkan dengan menggunakan flare fitting (nepel/naple). Lakukan flaring pada pipa 1/4 dan 3/8 inch.
Pasang salah satu ujung pipa 1/4 dan 3/8 pada unit indoor. Kencangkan dengan menggunakan dua buah kunci inggris hingga benar-benar kencang.
Kemudian pasangkan ujung sebelahnya pada kran two way dan three way yang ada pada outdoor. Kencangkan juga dengan menggunakan dua buah kunci inggris.

  1. Pemasangan Kabel Balikan ke Outdoor
    Pemasangan kabel balikan ke outdoor cukup gampang, anda cuma perlu menyambungkan kabel indoor ke terminal unit outdoor. Seandainya anda kurang paham, gambarannya secara tertulis seperti ini. Terminal 1 indoor mesti dikaitkan pada terminal 1 outdoor, Terminal 2 indor mesti dihubungan pada terminal 2 indoor tapi tak boleh dihubungan ke terminal 1 outdoor.
  2. Pemeriksaan Kebocoran AC
    Pemeriksaan kebocorna AC perlu dikerjakan untuk memastikan sambungan pipa benar-benar rapat dan tak bocor. Seandainya ada kebocoran, karenanya refrigerant bisa keluar, yang mengakibatkan Ac kehabisan bahan pendingin dan menjadi tak dingin.
  3. Pemvakum AC Split
    Langkah pemasangan AC sesudah cek kebocoran yaitu pelaksanaan pemvakuman. Pemvakuman ada pelaksanaan membuang udara yang ada di dalam AC. Siklus AC yaitu siklus yang tertutup sehingga tak boleh ada zat lain kecuali refrigerant yang bersirkulasi.

Klik tautan dibawah ini untuk mengamati harga jasa service cuci AC Split murah :
https://acwahana.com/products/rinci/acwahana-jasa-service-cuci-ac-wall-mounted-split-[-0.5-pk–3-pk-]

  1. Menghidupkan AC
    Setelah selesai pemvakuman langkah selanjutnya yaitu running test atau percobaan menghidupkan unit AC. Rapihkan segala perlengkapan sebelum menghidupkan AC. running test betul-betul di perlukan supaya anda bisa tahu apakah unit indoor dan outdoor ac ana telah bekerja secara normal dan apakah Freon AC anda telah Tepat atau masih kurang.
  2. Pengecekan Terakhir
    Profesi terakhir dalam instalasi AC Split yaitu membungkus pipa tembaga AC. Pipa tembaga berdasarkan indoor ke outdoor mesti dibungkus menggunakan busa vinyl foam. Fungsi busa pembungkus pipa AC ini yaitu buat mengisolasi temperatur dingin dalam pipa AC menggunakan temperatur lingkungan, sehingga tak mempengaruhi siklus pertukaran kalor pada AC Split.

Berikut paket jasa pasang residensial kami yang telah berikut dengan jasa teknisi terlatih dan material opsi terbaik :
PAKET PASANG AC 0.5 PK – 1 PK
Paket Pasang AC [ 3 Meter ] – Pipa 3/8 + 1/4 IDR 799,000
Paket Pasang AC [ 5 Meter ] – Pipa 3/8 + 1/4 IDR 1,099,000

PAKET PASANG AC 1.5 PK – 2 PK
Paket Pasang AC [ 3 Meter ] – Pipa 1/2 + 1/4 IDR 899,000
Paket Pasang AC [ 5 Meter ] – Pipa 1/2 + 1/4 IDR 1,199,000

PAKET PASANG AC 2.5 PK
Paket Pasang AC [ 3 Meter ] – Pipa 5/8 + 1/4 IDR 999,000
Paket Pasang AC [ 5 Meter ] – Pipa 5/8 + 1/4 IDR 1,399,000

JASA CUCI AC
Jasa Cuci AC Split [ Per Unit ] IDR 99,000
Jasa Cuci AC Cassettte [ Per Unit ] IDR 199,000
Jasa Cuci AC Ceiling Duct [ Per Unit ] IDR 299,000
Jasa Cuci AC VRV / VRF [ Per Module Outdoor ] IDR 349,000
Klik tautan dibawah ini untuk mengenal harga jasa pasang ACWahana :
https://acwahana.com/news/rinci/harga-jasa-pasang-ac-jakarta-dan-tangerang–acwahana-

Harga jasa pasang berikut telah termaksud jasa dan material berkwalitas tinggi:

  1. Jasa Instalasi Pemasangan AC
  2. Pipa Refrigrant
  3. Kabel NYM
  4. Selang Air Flexible
  5. Bracket Outdoor
  6. Vakum AC

Untuk Isu dan bantuan lebih lanjut bisa hubungi kami di WA, E-mail atau kunjungi showroom terdekat anda. Kami tunggu kedatangan mu.

Sumber: acwahana.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top